rileksmedia.com
Sign Up/Login with :

Pameran Hewan Piaraan Terbesar, ICE BSD 11-13 September 2015



Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) menorehkan sejarah di Indonesia dengan mengadakan Indo Pet Expo 2015. Kegiatan yang dimulai tanggal 11 September dan akan berlangsung 3 hari ini adalah pameran pertama dan terbesar, mengenai dunia hewan kesayangan serta semua pelaku yang berkiprah dalam industri terkait.

Ketua Umum PDHI Heru Setijanto mengatakan, pengunjung akan dipertemukan dengan berbagai pihak, mulai dari komunitas pencinta hewan, dokter hewan, klinik dan rumah sakit hewan, petshop dan salon hewan, serta para penyedia pakan dan obat-obat hewan.

"Semuanya akan dipertemukan di satu lokasi, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Serpong," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (29/7), di Jakarta. 

Selama ini, lanjutnya, banyak pameran bertema hewan kesayangan namun biasanya hanya mengenai satu jenis hewan saja. Kali ini PDHI akan mewujudkan dunia pet animals secara menyeluruh, yang dilakukan secara serius dan besar-besaran serta melibatkan industri pendukungnya.

"Misi utama kami sebenarnya adalah mengedukasi masyarakat. Kita mengetahui banyak orang sudah terbiasa hidup bersama dengan hewan kesayangan di rumah, namun ada banyak hal terkait cara memelihara dan aspek kesehatan yang harus dipahami agar kita merasa nyaman dengan keberadaan hewan di sekitar kita," ujar Heru.

Ia menambahkan, publik sepertinya lebih mengenal dog show atau cat show. Kucing atau anjing yang dibawa ke salon, didandani serta kadang sampai diberi pakaian lalu diperlombakan. Ternyata hal itu tidak sepenuhnya benar menurut prinsip animal welfare atau kesejahteraan hewan (kesrawan).

"Kali ini kami ingin mengadakan dengan cara yang benar, kita manusia sering memperlakukan hewan secara berlebihan yang belum tentu disukai hewan. Diberi baju dan memperlakukan hewan seperti manusia, anthropomorphism, akan membuat hewan tidak nyaman" ujar dosen Fakultas Kedokteran Hewan IPB ini.

Indo Pet Expo 2015 ini dirancang memadukan masyarakat umum dan penggemar hewan serta para penyedia jasa. "Akan ada berbagai kontes pet animals, yakni kelinci, kucing, biawak, ular, sugar glider, iguana, dan lain-lain," ujar Wiwiek Bagja yang menjadi Ketua Panitia.

Kehadiran hewan kesayangan dalam event ini ada dalam empat bentuk, yakni educational talk/talkshow, contest, display dan jual beli. Dog show misalnya, akan menampilkan pertunjukan ketangkasan, agility show. Masyarakat bisa melihat anjing yang dipakai untuk memberantas narkoba, serta menghadapi demonstrasi massa.

Perempuan pengajar ilmu kesejahteraan hewan di FKH IPB ini menambahkan, pengunjung dalam kesempatan ini bisa mengikuti beberapa seminar dan educative talkshow. "Ada seminar untuk umum dan ada pula yang khusus disediakan bagi para dokter hewan sebagai sarana continuing professional development," ujarnya.

Karena itu menurutnya, masyarakat pecinta hewan berkesempatan ketemu para pakar dan praktisi kesehatan hewan. Selain bisa menimba ilmu dari berbagai seminar yang diberikan oleh para pakar dan praktisi, masyarakat juga bisa mendapatkan konsultasi gratis.

Secara keseluruhan, acara ini juga akan melibatkan industri sebagai pendukung utama dalam kegiatan pemeliharaan hewan kesayangan. Mereka antara lain yang selama ini menyediakan berbagai kebutuhan untuk mendukung pemeliharaan hewan kesayangan. Mulai dari kebutuhan pokok, yakni pakan dan obat-obatan sampai aksesories. Pengunjung bisa mendapatkan produk-produk seperti rantai, mainan, tempat makan dan minum sampai kandang yang nyaman.

"Pokoknya penggemar hewan kesayangan akan menemukan apa saja yang mereka cari, mulai dari pengetahuan sampai kebutuhan harian," ujarnya.

Masyarakat umum serta penggemar hewan kesayangan bisa menghadiri Indo Pet Expo 2015 yang akan diselenggarakan di ICE BSD Serpong, dari 11 sampai 13 September 2015. Sedangkan untuk yang berminat mengikuti educative talkshow, hanya perlu membayar tiket masuk di lokasi pameran sebesar Rp 25.000.

"Semua acara talkshow bisa diikuti gratis. Pendaftaran dengan biaya khusus hanya bagi para professional kesehatan hewan yang ingin mengikuti continuing professional development/CPD seperti seminar/workshop," ujarnya.
rileksmedia - 2 tahun yang lalu

Add New Comment

Artikel Terbaru

Pameran Hewan Piaraan Terbesar, ICE BSD 11-13 September 2015
Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) menorehkan sejarah di Indonesia dengan…
HERO Cooking Demo, Sabtu 1 Agustus 2015
HERO mengadakan acara Cooking Demo untuk pengenalan masakan Selera Indonesia…

Campaign

Nice Shot

HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara! HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara!

Rilekstube!


Partner :