rileksmedia.com
Sign Up/Login with :
Musik

ID BAND : Kekuatan Musik Pop!



Bagi lima orang anak muda ini, bermusik bukanlah semata menyalurkan hasrat dan keinginan untuk sekedar berbagi kesenangan belaka. Namun mereka mencoba memberi sebuah ruang untuk lebih menggali kemampuan mereka dalam bermusik. Potensi yang mereka miliki bukanlah bersandar sebatas impian atau angan yang tersita di bathin, perjalanan waktupun menjadi lintasan peristiwa berharga bagi kelima anak muda yang menamakan dirinya ID Band.


Inilah sebuah kelompok musik pendatang baru beraliran pop alternatif yang bakal menghiruk pikukkan jagat music tanah air. ID Band berangkat dari sebuah gagasan sederhana, ketika Iqbal (vokalis) merekrut teman teman baru untuk membentuk sebuah band. Iqbal sempat membentuk sebuah band bernama Aurora di bandung, sayang nya tak bertahan lama, kendati demikian band besutannya itu sempat menelurkan single Cintailah Aku yang sempat diputar di beberapa radio bandung.

Lagi persoalan nama grup yang menjadi pesoalan ketika dirinya harus mengalah untuk menanggalkan nama Aurora yang dianggap sama dengan band asal bandung juga, yang telah lebih dahulu berkibar. ? Kami sempat mengeluh, ketika ternyata nama Aurora yang kamu usung adalah nama sebuah band dibandung yang juga telah berkibar sebelum kami hadir.

Akhirnya kami mencabut nama band Aurora, namun dilematis bagi kami, karena rupanya teman teman di band sepakat untuk undur sejenak dikarenakan kesibukan sebagian personilnya yang notabene nya pekerja kantoran. Termasuk saya mas..? papar pria bersuara parau ini.

Seiring berjalannya waktu , pada tahun 2008 lahirlah ID Band ditangan Iqbal cs. Dengan formasi baru dan warna musik yang lebih segar. Kini Iqbal (vokal), Dyan (lead guitar), Eno (rhythm), Randy (drummer) serta Ranan (bass) telah berkomitmen bahwa ID Band adalah sebuah wadah untuk mengeksplorasi kemapuan mereka bermusik. Pop alternatif adalah genre yang coba mereka usung. Tiga single yang siap dirilis kepasar dalam waktu dekat adalah sbuah pembuktian besar bahwa mereka siap bertarung.

Semisal tembang Terbayang, tercatat disini kekuatan pop yang dibalut kocokan gitar Dyan dan Eno yang sarat membuat lagu ini lebih nge-beat nuansa popnya. Lala pada lagu Cintaliah Aku, disini ID Band mengkolaburasikan string dengan sythn-pop, sekali lagi middle pop nya cukup terasa di telinga. Rindu, mencoba menawarkan ballad akustik yang juga cukup baik disuguhkan tanpa kehilangan unsur popnya.

Tiga tembang inilah yang sempat mereka perdengarkan kepada rileksmedia saat mereka tampil di kafe Kopi Merah (Jakarta Selatan), dalam event musik Akustikan ? Indonesi Asli, yang di garap oleh musisi dan produser Gatut Suryo bersama Kamar Musik Nusantara. Dalam event inipun mereka tampil memukau para pengunjung kafe. Seperti yang dikatakan Gatut Suryo bahwa mereka memang punya khas dalam bermusik?

Teman teman ID Band adalah sekelompok anak muda yang punya warna dalam memainkan warna musiknya, mereka punya potensi untuk mengisi industri musik tanah air, saya sering mengamatai mereka bermain selam ini. Dan selalu stabil dengan performanya.? Ujar suami biduan kondang pop jawa Yuli Nuke itu. Semoga saja musik bagi ID Band tak sekedar wadah untuk melampiaskan hasrat dan keinginan semata. Lebih dari itu Iqbal Cs kelak mampu berpartisipasi dengan karya nya, demi menyapu kejenuhan yang terjadi dalam industri musik indonesia yang sedang (banyak pengamat bilang) mengalami kemunduran atau mungkin monoton. (rileksmedia/Q2-H)
Kicky Herlambang - 6 tahun yang lalu

Artikel Terkait

Add New Comment

Artikel Terbaru

Minggu Ini, Mari Bersenang-senang di Kota Ayodhya
Kota Ayodhya, kawasan super block persembahan Alam Sutera Group,…
Koleksi Terbaru Lee Cooper Hadir di Fashiontastic 2017
Semangat kemerdekaan yang menghiasi dibulan ini juga turut dirasakan…
Ini Dia, 5 Kota Partisipan IKKON 2017
Sukses menggelar session perdananya pada tahun 2016 lalu, Badan…
Anggun Pukau Penonton di Festival Musik Prancis
Ikon musik Indonesia, juara World Music Award, juri Internasional…

Campaign

Nice Shot

HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara! HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara!

Rilekstube!


Partner :