rileksmedia.com
Sign Up/Login with :
Tips

Tips Antisipasi Penipuan Belanja Online



Belanja online memang cukup praktis. Namun di balik itu, kita pun harus waspada agar tak menjadi korban penipuan. Berikut adalah tips mengantisipasi penipuan belanja online.

Direktur Tokobagus.com Remco Lupker dan Kasat Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, AKBP Hermawan, memberi tips yang sama bahwa selain mengupdate informasi, calon pembeli harus waspada.

"Kala berbelanja di internet, masyarakat seharusnya melakukan hal yang sama dengan di dunia nyata. Kemudian mewaspadai sendiri hal mencurigakan, misalnya tawaran yang terlampau bagus. iPhone yang dijual dengan separuh harga patut dicurigai," ujar Remco kepada beberapa peserta.

Sementara itu AKBP Hermawan juga memberi sedikit tips bagi calon pembeli yang belum berpengalaman belanja online. "Jangan coba berani melakukan transfer , apalagi di luar daerah, pastinya lebih aman kalau ketemu orangnya," imbuhnya.

Sementara itu Sony AK selaku praktisi keamanan online menyarankan agar polisi memiliki semacam verified sign bagi situs-situs belanja online, agar masyarakat lebih mudah ketika akan berbelanja online.

"Pada intinya masyarakat tidak perlu takut melakukan transaksi online. Tapi harus dipastikan situs yang menjual legitimate atau tidak. Soal keamanan kembali ke kita untuk melakukan pencegahan sendiri," tambahnya.

Dari pihak Kepolisian AKBP Hermawan siap menampung jika masyarakat ingin melapor tindak penipuan online. "Polisi sendiri terbuka pada masyarakat untuk melaporkan jika ada masalah. Kami memiliki situs untuk menginformasikan website yang dicurigai berbahaya. Masyarakat yang tertipu bisa memasukkan ke situ," ujarnya seraya menutup diskusi Ngopi kali ini.
Array Black - 8 tahun yang lalu

Artikel Terkait

Add New Comment

# Array Black
May 20, 2011 @06:45 pm
betul2.... saya tiap hari mampir ke pertamina mbk.. :D
# Kangen Defa
May 20, 2011 @08:50 am
nice artikel, semoga kita semua terhindar dari berbagai penipuan internet ------------------------- mampir yah P E R T A M I N A

Artikel Terbaru

Anggun Ukir Sejarah di Perancis!
Penyanyi kelahiran Indonesia yang malang melintang di industri musik…
Rayakan Hari Jadi ke-20, ARASHI Gelar Tur dan Jumpa Penggemar
Merayakan 20 tahun debutnya yang jatuh pada 3 November…
Batam Medical Blockchain Menarik Perhatian tamu VIP GBA 2019 Singapura di Deloitte
Batam Medical Blockchain (BMB) menarik perhatian para tamu VIP…
Transformasi Digital Sebagai Strategi Bisnis Hulu Migas
Salah satu kontribusi industri hulu minyak dan gas bumi…

Campaign

Nice Shot

Cinta Komunitas SecondLine Squad Untuk Persija Jakarta Cinta Komunitas SecondLine Squad Untuk Persija Jakarta

Rilekstube!


Partner :