rileksmedia.com
Sign Up/Login with :
Film

Film The Mirror Never Lies, Sarat Pesan Moral Yang Menyentuh!



Inilah karya terbaru Garin Nugroho, sebuah film yang mengusung tema kultur kehidupan suku bajo yang dikenal dengan keberaniannya mengarungi samudera. Sekali ini Garin hanya duduk sebagai produser bersama Nadine Chandrawinata, sedang bangku sutradara diserahkan oleh Kamila Andini , putri Garin sendiri.

Suku Bajo dikenal sebagai pelaut handal, hidup nomaden, dan tersebar di seluruh dunia. Mereka mudah dijumpai di kawasan Segitiga Terumbu Karang; kawasan laut yang membentang melintasi enam negara dan dikenal sebagai wilayah yang memiliki kekayaan hayati laut tertinggi di dunia. Ironisnya, situs penting dunia itu kian terancam oleh praktik-praktik perikanan destruktif. Sementara faktor perubahan iklim juga diperkirakan telah berdampak pada kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang tinggal di sekitarnya. 126 juta jiwa manusia dan ribuan spesies kunci di laut pun kini semakin terdesak.Suku Bajo yang seluruh eksistensinya bersandar pada laut adalah salah satu yang paling merasakan dampak degradasi lingkungan tersebut.

"Di tengah masalah iklim dan perubahan perilaku laut, memahami kebudayaan laut menjadi penting, apalagi bagi bangsa Indonesia yang bersifat maritim. Film ini merupakan satu upaya untuk memahami kebudayaan laut tersebut. Ini kisah mereka yang hidup mengikuti laut. Laut memberi kabar baru dengan caranya sendiri: inilah yang terpenting dari film ini," jelas Garin Nugroho.

Kisah berangkat dari pencarian bathin seorang anak perempuan bernama Pakis, dirinya merindukan sang ayah yang tak kunjung pulang dari melaut. Pakis meyakini bahwa ayahnya masih hidup, hingga beberapa kali ia pun mengunjungi dukun kampong dengan membawa bekal cermin kesayangnnya. Dengan satu harapan ia masih bias melihat rupa sang ayah bila kelak kembali suat hari. Meski di penghujung cerita, memang Pakis tak pernah lagi berjumpa dengan ayahnya. Ayahnya dikabarkan lenyap ditelan samudera.

Film ini tak semata memperlihatkan frame frame indah yang "sebenarnya" cukup baik digambarkan. Namun saying penuturan cerita film ini seperti hambar dengan gagasan gagasan kreatif yang terbiasa kita saksiakan dalam garapan Garin. The Mirror Never Lies seperti kurang mampu mencairkan tema cerita yang juga sebenarnya sanagat menarik. Mengingat Wakatobi sendiri adalah kabupaten yang masih muda berdiri sejak tahun 2003. Bahakan kisah ketakjuban Wakatibi sebagai triangle coral dunia juga tak terungkap dengan baik di film ini. Garin seperti terperangkap untuk menggarap film ini lebih dalam.

Namun demikian tokoh sentral cerita antara Pakis (diperankan dengan baik oleh Gita Lovalista) dengan sang ibu yang juga diperankan dengan baik oleh Atiqah Hasiholan cukup manis divisualkan. Serta dukungan apik aktor cilik lainnya Eko dan Zainal, membuat film ini cair dengan humor humor segar mereka. Sekedar untuk diketahui bahwa tiga bintang cilik Gita, Eko dan Zainal adalah para pelakon dadakan asal Wakatobi, mereka adalah putra asli suku bajo.

Kamila Andini pun yang duduk menggantikan kursi sang ayah sebagai sutradara, seperti telihat sedang bereksperimen dengan kualaita karya perdananya di film yang di sponsori atas kerjasama WWF dan Pemerintah daerha kabupaten Wakatobi. Beberapa kali shoot out focus tampil lebih dari 60 detik, inilah yang agak sedikit mengganggu mata dalam film karyanya. Walahasil gambar gambar yang seharusnya lebih memanjakan mata, nyaris tervisual biasa biasa saja! glading color nya pun minim sekali.

Sebenarnya kita mengharap film ini punya kekuatan untuk maksimal dalam menggarap potensi alam Wakatobi dengan visualisasi yang indah. Garin seprti terjebak antara kualitas karya festival dengan komersil, mengingat promo untuk film ini juga sangat gencar. Akanakah film besutan duet Garing dan Nadine Chandrawinata ini mampu memboyong Wakatobi sebagi anjungan wiasa tanah air nantinya..?? atau The Mirror Never Lies hanya sebuah cerita film dengan bungkusan promo pariwisata?(rileksmedia/Q2-H)
Kicky Herlambang - 6 tahun yang lalu

Artikel Terkait

Add New Comment

Artikel Terbaru

Minggu Ini, Mari Bersenang-senang di Kota Ayodhya
Kota Ayodhya, kawasan super block persembahan Alam Sutera Group,…
Koleksi Terbaru Lee Cooper Hadir di Fashiontastic 2017
Semangat kemerdekaan yang menghiasi dibulan ini juga turut dirasakan…
Ini Dia, 5 Kota Partisipan IKKON 2017
Sukses menggelar session perdananya pada tahun 2016 lalu, Badan…
Anggun Pukau Penonton di Festival Musik Prancis
Ikon musik Indonesia, juara World Music Award, juri Internasional…

Campaign

Nice Shot

HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara! HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara!

Rilekstube!


Partner :