rileksmedia.com
Sign Up/Login with :
Ceremonia

Gelar Lomba Tulisan, Kemendesa Jaring Semua Lapisan Masyarakat Untuk Ikutan!



Pembangunan ekonomi kawasan perdesaan bermanfaat untuk kesejahteraan desa, juga untuk memotong mata rantai perdagangan yang tidak sehat dan tidak berpihak pada masyarakat desa.

Untuk lebih mengoptimalkan pertumbuhan ekonomi kawasan perdesaan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendesa) menggelar lomba karya tulis bertajuk “Penguatan BUMdesa Bersama Menuju Kawasan Perdesaan Berdaya Saing”.

Lomba Tulisan Kemendesa

“Penguatan dan pengembangan BUMdesa Bersama sampai saat ini berjalan dengan baik, namun kami ingin masukan dari masyarakat tentant perkembangan dan evaluasi BUMDesa,” kata Direktur Permbangunan Sarana dan Prasarana Kawasan Perdesaan Dr. Ir Siswa Trihadi,  M.Sc  sekaligus sebagai Plt. Direktur Kerjasama dan Pengembangan Kapasitas.

BUMDesa Bersama adalah badan usaha yang dibentuk dalam skema kerja sama antar desa. Pembentukan BUMDesa Bersama merupakan salah satu upaya mewadahi pelaku, aset dan kegiatan di bidang ekonomi dan/atau pelayanan umum yang dikelola oleh kerjasama antar desa, sehingga usaha desa dapat berdaya saing dengan tetap memperhatikan kepentingan desa.

“Pembentukan BUMDesa Bersama selain bertujuan untuk meningkatkan perekonomian desa, mewadahi para pelaku ekonomi desa dalam usaha bersama, dan mengoptimalkan aset desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan desa, juga untuk memotong mata rantai perdagangan yang tidak sehat dan tidak berpihak pada masyarakat desa,” ujar Siswa.

Untuk menampung aspirasi, opini, telaahan kebijakan, cerita sukses terkait dengan BUMdesa Bersama,  Lomba karya tulis pun diadakan.

Lomba karya tulis ini diharapkan dapat menjaring ide, gagasan, serta kritik membangun pelaksanaan program BUMDesa Bersama. Dengan masukan ini, formula terbaik akan lahir demi perbaikan pengelolaan BUMDesa Bersama ke depan, berbagai kisah sukses yang memompa semangat desa-desa lainnya bekerja sama  untuk berkembang lebih baik, serta menambal kekurangan yang belum terjangkau selama pelaksanaan pengelolaan BUMDesa Bersama.

Berbagai ketentuan dalam Lomba Penulisan di antaranya, judul yang dapat diambil sebagai pokok tulisan, yakni: 1. Pengembangan potensi BUMdesa Bersama sebagai lembaga ekonomi kawasan perdesaan; 2. Membangun ekonomi masyarakat melalui BUMdesa Bersama 3. Membangun strategi pembangunan ekonomi bersama antara BUMdesa Bersama.

Peserta Lomba Karya Tulis ini bisa dari unsur seluruh  Pengurus BUMdesa Bersama/Pendamping, Perangkat, dan Penggiat desa di seluruh Indonesia serta masyarakat umum (Mahasiswa, Aktivis, serta Jurnalis).

Sebagai bentuk apresiasi kepada peserta terbaik, disediakan insentif berupa hadiah  uang pembinaan dengan total sebesar 30 juta rupiah.

Penjurian karya tulis dilakukan oleh Dr. Ir Siswa Trihadi,  M.Sc, Mardiyah Chamim ( Ex – Wartawan Tempo ), dan Imbuh Sulistyarini (Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia).

Lomba ini dibuka sejak tanggal 23 Juli hingga batas waktu pengumpulan tulisan pada tanggal 31 Agustus 2019 mendatang. (Ind/jan)
rileksmedia - 1 bulan yang lalu

Artikel Terkait

Add New Comment

Artikel Terbaru

Selamat datang di klinik Vitalitas masa depan Bersama dClinic dan JHL
dClinic dan JHL bermitra untuk menyediakan Pusat Kesehatan dan…
Selamat! Kunci Dekson ke Italia dipegang oleh SMKN 1 Pekanbaru!
Lebih kurang sebanyak 11 Team Finalis yang telah mengikuti…
Jepang! Destinasi Unggulan Dengan Paket Menggiurkan
Masih menjadi magnet bagi wisatawan, negeri berjuluk "Matahari Terbit"…
Inside Studios, Buku Koleksi Wajib Untuk Para Seniman!
Seni rupa dan gaya hidup para seniman telah lama…

Campaign

Nice Shot

Cinta Komunitas SecondLine Squad Untuk Persija Jakarta Cinta Komunitas SecondLine Squad Untuk Persija Jakarta

Rilekstube!


Partner :