rileksmedia.com
Sign Up/Login with :
Ceremonia

Modal Kertas, 3 Mahasiswa Indonesia Wakili Diajang Kompetisi Pesawat Terbang



Siapa sangka, berawal dari keterampilan mengolah secarik kertas putih biasa kini bisa menjadi wakil Indonesia diajang Red Bull Paper Wings 2019! Ya, seni merangkai pesawat kertas kini menjadi sebuah ajang kompetisi menarik terbesar dunia. 

Adalah Satrio Abimanyu (Politeknik Negeri Jakarta) 44.10 m untuk pemenang kategori Longest distance, Yushron Azhary (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia) 9.28 s untuk kategori Longest airtime dan kategori Aerobatics oleh Ananda Rizkytama (Universitas Indonesia) dengan 101 votes yang berhak menjadi "pilot" untuk Indonesia di kejuaraan yang memasuki tahun kelima ini di Austria.

"Senang bukan main karena dari pesawat kertas kita bisa jadi pilot sesungguhnya mewakili Indonesia berkompetisi ditingkat dunia" Ujar Ananda Rizkytama yang ditemui rileksmedia.com baru-baru ini. "Pokoknya saya akan membawa nama baik bangsa lewat kategori Aerobatics dengan ornamen ala tanah air" tambahnya. 

Red Bulls Paper Wing

Seperti diketahui, Red Bull Paper Wings World Final akan digelar pada bulan Mei mendatang di Hangar 7, Salzburg-Austria.
 
Kompetisi yang menguji keterampilan melipat dan menerbangkan pesawat kertas terbesar di dunia ini diikuti lebih dari 384 universitas dari 64 negara. Di Indonesia sendiri, terpilihnya 3 pemenang tadi sebelumnya telah diikuti oleh 20 "pilot" terbaik yang telah terpilih di dua babak kualifikasi yang telah diadakan sebelumnya pada tanggal 20 Februari 2019 di Universitas Indonesia dan tanggal 13 Maret 2019 di Universitas Tarumanagara. 

Pertandingan di babak final dipastikan akan lebih kompetitif dikarenakan seluruh peserta yang berpartisipasi merupakan 20 pilot terbaik. 

Para pilot akan dibagikan selembar kertas A4, yang akan menjadi "senjata" mereka untuk memperlihatkan atraksi yang mengesankan di depan penggemar dan juri. Penilaian Kompetisi Pesawat Kertas ini terdiri dari 3 kategori yaitu jarak terpanjang, waktu terlama dan aerobatik. 10 pilot terpilih akan turun bertanding di kategori jarak terpanjang dan 10 pilot terpilih akan mewakili kategori waktu terlama.

Red Bulls Paper Wings

Khusus kategori aerobatik, semua proses seleksi telah dilakukan via Instagram. Pendaftar diminta untuk membuat video pendek yang tidak lebih dari 60 detik, lalu mengunggah video tersebut di Instagram dengan tag @redbull dan hashtag #redbullpaperwings, serta memasukan lokasi peserta melalui fitur lokasi. Peserta akan dinilai dari video tersebut, dimana 3 peserta dengan vote terbanyak akan masuk ke 3 besar dan pemenang akan ditentukan dari penilaian 2 anggota juri dari tim kualifikasi lokal.

Selain itu, ada juga aplikasi Red Bull Paper Wings yang menjadi wadah edukasi untuk belajar cara melipat, melempar dengan kekuatan dan sudut tertentu berbagai jenis pesawat kertas melalui Augmented Reality (AR), serta membantu mahasiswa untuk mengukur jarak dan waktu saat berlatih. (JAN)
rileksmedia - 2 bulan yang lalu

Artikel Terkait

Add New Comment

Artikel Terbaru

Kompetisi Red Bull Airborne Untuk Pertama Kalinya Datang Ke Bali!
Kompetisi selancar aerial Red Bull Airborne tahun ini diadakan…
Demi Kemajuan Bersama, Japan Foundation Asia Center Gelar Rapat Dewan Komite di Jakarta
Japan Foundation Asia Center yang berada di bawah Japan…
Sugema Nagasaki Raih Penghargaan Indonesia Professional Awards 2019
Tahun ini menjadi kebanggan bagi Sugema Nagasakti karena terpilih…
Agustus 2019, BPJS Ketenagakerjaan Stand Up Paddleboard dan Kayak Marathon Hadir di Belitung
Event internasional bertajuk Belitong Geopark International SUP (Stand Up…

Campaign

Nice Shot

Cinta Komunitas SecondLine Squad Untuk Persija Jakarta Cinta Komunitas SecondLine Squad Untuk Persija Jakarta

Rilekstube!


Partner :