rileksmedia.com
Sign Up/Login with :
Ekonomi Bisnis

Berpeluang Tembus Pasar Global, IKM Bogor Aktif Naik Kelas



Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya akses internet yang kian luas, memberikan banyak manfaat dan peluang, khususnya kepada para pelaku industri kreatif untuk mengoptimalkan pemasaran produknya. Melalui sistem on line dan e-commerce, produk dari para pelaku IKM pun, berpeluang menembus pasar global. Namun untuk meningkatkan daya saing di tengah persaingan pasar yang juga semakin ketat, diperlukan kreatifitas dan inovasi tersendiri.

Menyadari hal tersebut, Dekranasda Kota Bogor yang diketuai oleh Yane Ardian bersinergi dengan Vadiel Mekha, Konsultan Kreatif serta Rumah Kreatif BUMN Bank Mandiri melakukan program pembinaan IKM yang dinamakan “Naik KelasbyNext Step Consultant. “Saat ini, produk-produk IKM Kota Bogor sudah bagus dan sangat potensial. Kami terus berupaya meningkatkan para IKM melalui sejumlah program pembinaan agar mereka bisa terus meningkatkan potensi dan kapasitas dirinya. Sehingga bisa menghasikna produk kerajinan yang semakin bagus, kreatif dengan ciri khas Kota Bogor,” ujar Yane Ardian, Ketua Dekranasda Kota Bogor.

Vadiel Mekha, Konsultan Kreatif yang juga FounderNext Step Consultant menambahkan, program pembinaan yang berlangsung dari Februari hingga Maret ini, sengaja dirancang sedemikian rupa menyesuaikan trend dan kebutuhan IKM binaan Kota Bogor. Melalui dukungan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor, dilakukan kurasi yang sangat ketat, sehingga terpilihlah 25 dari ratusan IKM terbaik di Kota Bogor yang berhak untuk mengikuti pembinaan ini.

Kepala Cabang Bank Mandiri Bogor, Sumarwanto, mengatakan, melalui Rumah Kreatif BUMN Bank Mandiri, pihaknya berkomitmn membantu para IKM meningkatkan daya saingnya. Dalam hal ini, fokusnya adalah mempersiapkan IKM Kota Bogor dalam mengembangkan produk dengan sentuhan lokal namun memiliki cita rasa global.

“Kami senang bisa menjadi bagian dari pembinaan ini, karena sejalan dengan program CSR Bank Mandiri untuk mendorong perkembangan ekonomi kreatif dan termasuk salah satunya pembinaan IKM. Saya yakin pembinaan ini sangat bermanfaat terhadap pengembangan IKM Kota Bogor” ujar Sumarwanto, Kepala Cabang Bank Mandiri Bogor.

Pada acara pembukaan program pembinaan ini juga dihadiri oleh Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto. Pihaknya sangat menyambut baik adanya program ini. Dikatakan, bahwa IKM Kota Bogor memiliki potensi yang sangat bagus, di mana Pemerintah Kota pun terus berupaya mendukung pengembangan para IKM ini melalui sejumlah strategi pengembangan IKM yang lebih sistematis. “Kami berkolaborasi dengan stakeholder dan tidak lagi sekedar basa-basi. Kita bangun kekuatan bersama, ada pengrajin, perbankan, perusahaan, dan dinas untuk sama-sama memajukan IKM ini,” jelasnya. (EKS/JAN)
rileksmedia - 5 bulan yang lalu

Artikel Terkait

Add New Comment

Artikel Terbaru

Bersiap! Bintaro Jaya Xchange 2 Segera Berdiri!
PT Jaya Real Property Tbk (JRP) menggelar seremoni ground…
Dog Walk 2019, Bukti Keakraban Hewan dan Manusia
Sebagai salah satu pionir nutrisi kesehatan untuk anjing dan…
Gelar Lomba Tulisan, Kemendesa Jaring Semua Lapisan Masyarakat Untuk Ikutan!
Pembangunan ekonomi kawasan perdesaan bermanfaat untuk kesejahteraan desa, juga…
Morinaga Alergy Week 2019, Kesuksesan Ibu untuk Bekali Prestasi Si Kecil
Morinaga sebagai salah satu brand unggulan PT Kalbe Nutritionals…

Campaign

Nice Shot

Cinta Komunitas SecondLine Squad Untuk Persija Jakarta Cinta Komunitas SecondLine Squad Untuk Persija Jakarta

Rilekstube!


Partner :