rileksmedia.com
Sign Up/Login with :
Teknologi

MaidSafe Pastikan Jaringan Internet Kita Lebih Aman



Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi atau yang biasa disebut ICT kini menjadi kebutuhan utama lini masa masyarakat kita. Tidak dipungkiri, hampir semua detail kebutuhan kita dapat dilewati melalui ICT tersebut salah satunya internet.
 
Ya, sebagai bagian dari perkembangan ICT, internet juga telah membuka bisnis baru bagi dunia perdagangan dengan bermunculannya e-commerce, market place, transportation online hingga cripto currency. Berkat internet juga memungkinkan terjadinya bisnis sewa menyewa space mulai dari akomodasi hingga jaringan data dan komunikasi. Namun begitu internet ternyata masih rentan dan terdapat banyak celah kerusakan atau kerugian yang ditimbulkan dalam banyak hal. Meskipun telah menjadi channel komunikasi penting saat ini, namun pengguna internet banyak yang merasa tidak aman dan tidak efisien dan setiap tahunnya terdengar keluhan bahwa privasi penggunanya kerap di salah gunakan oleh provider yang menyebabkan kerugian imaterial bagi penggunanya.
 
Dengan tingginya permintaan akan kebutuhan keamanan dalam teknologi ICT tersebut, MaidSafe hadir di Indonesia sebagai perusahaan teknologi asal Skotlandia yang telah membuat terobosan baru sebuah jaringan SAFE (Secure Access for Everyone) yang telah dirancang selama satu dekade lebih. Jaringan aman ini membuat data dan komunikasi terdesentralisasi dengan menggunakan berbagai macam kemampuan komputer dari seluruh pengguna jaringan. Dengan tidak tersentralisasi seperti itu, keamanan yang disediakan semakin pasti.

MaidSafe

"Kami percaya jaringan SAFE akan digunakan oleh milyaran orang untuk mengerjakan berbagai hal yang sudah biasa dilakukan dalam internet, bahkan lebih baik. Desain jaringan SAFE ini juga sangat sederhana, elegan dan berakar dari alam. Memberikan hasil jaringan yang aman dengan biaya terjangkau yang pastinya akan menjadi transformasi/perubahan dalam internet commerce. Jaringan SAFE juga akan terbebas dari campur tangan korporasi atau pemerintah karena arsitektur yang di desain adalah menggunakan kapasitas ruang/space pada jaringan yang ada”, ujar David Irvine, CEO & Founder Maidsafe dalam siaran rilisnya baru-baru ini.
 
Seperti diketahui, MaidSafe menggunakan desentralisasi data yang tersebar di seluruh dunia, sebagai penyimpanan file yang memungkinkan jaringan menjadi kuat dalam menanggulangi serangan cyber dari pihak luar. Dipastikan tidak ada kelemahan dalam sistem MaidSafe, yang juga memiliki jaringan redundansi data yang diprogram untuk menyimpan salinan duplikat dari setiap bagian data, karena redundansi memiliki sifat prediktibalitas tinggi (high predictable) maka informasi pun menjadi rendah (low information) yang membuat data tidak akan dapat dijebol oleh hacker karena data tidak lengkap. Dari sisi bisnis teknologi, MaidSafe diibaratkan sebagai pemilik lahan bagi penyimpanan data penting konsumen. Meskipun begitu, MaidSafe tidak memiliki kontrol terdapat status data konsumen karena secara sistem akan diacak untuk penyimpanannya yang tersebar di beberapa lokasi/jaringan/server dan memiliki sejumlah fitur untuk menjaga kerahasiaan data dimana konsumen sendirilah yang tahu letak penempatan datanya sehingga dapat mengkontrol data yang dimilikinya dan terjamin tersimpan aman.
 
Selain memperkenalkan teknologi yang ditawarkan MaidSafe kepada konsumen Indonesia, MaidSafe juga menggelar kegiatan edukasi berupa workshop pengenalan perusahaan dan jaringan SAFE dengan sasaran peserta yaitu software/application developer, IT enthusiast dan business startup bertajuk "MaidSafe Tech Conference".
 
"Melalui kegiatan edukasi ini, diharapkan para peserta dapat ikut aktif dalam menggunakan teknologi MaidSafe dan berbagai modul bisnis yang sangat berbasis ICT”. Tutup David
rileksmedia - 1 tahun yang lalu

Artikel Terkait

Add New Comment

Artikel Terbaru

2019, Tahun Keempat Kompetisi Dekkson Sales Champion Digelar
Program SMK Sales Champion telah memasuki tahun keempat dari…
Bareng Musisi Dunia, Anggun Terlibat Project Dokumenter Internasional
Ikon musik Indonesia, juri Asias Got Talent, juara World…
Priscilla, My Beautiful Fighter, Ketika Kanker Otak Merebut Segalanya
Priscilla adalah seorang anak perempuan yang lahir pada 14…
Januari 2019, Anggun Tur di Seluruh Italia!
Anggun telah mendengarkan penggemar Italianya! Setelah beberapa tahun permintaan…

Campaign

Nice Shot

Cinta Komunitas SecondLine Squad Untuk Persija Jakarta Cinta Komunitas SecondLine Squad Untuk Persija Jakarta

Rilekstube!


Partner :