rileksmedia.com
Sign Up/Login with :
People

Dedikasi Tinggi, Wiwi Alawiyah Alatas Raih SIEBA 2016



Sebanyak 21 pelaku usaha dari berbagai tempat di Tanah Air, menerima SMESCO Inspiring Entrepreneur Business Award (SIEBA) 2016 beberapa waktu lalu. Penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi terhadap prestasi usaha mereka, karena dinilai mampu menginspirasi masyarakat untuk melakukan hal sama, yakni menjadi pelaku usaha yang andal, gigih dan terpercaya. Dari 21 pelaku usaha tersebut adalah Wiwi Alawiyah Alatas.

Ala yang akrab disapa ini merupakan owner Tifar Admanco. Sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penyediaan tenaga skill untuk keluar negeri. Karena indonesia dikenal sebagai salah satu negara pengirim tenagakerja non skill. "PT Tifar Admanco merupakan salah satu perusahaan pengerah tenaga kerja profesional ke Negara-negara Timur Tengah. Pasalnya, TKI Indonesia dikenal pekerja keras dan rajin," paparnya. Tifar, kata Ala, sudah memberangkatkan TKI mencapai puluhan ribu. Adapun tenaga yang ia kirim meliputi tenaga konstruksi. Mulai engineer civil & electrical, supervision, carpenter, stell fixer marmer technician, electrical technician, plumbiain di bidang konstruksi untuk daerah Saudi Arabia, khususnya pembangunan di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, gedung, hotel perkantoran. Rumah sakit, dokter, perawat, laboratory dan ass perawat. Hospitality : supervisor, house boy, bell, bus driver untuk haji umrah dan juga keluar kota. HDD crane operator, heavy duty driver, bull dozers.

Wiwi Alawiyah Alatas

Pengiriman pekerja terampil tersebut, selain untuk memenuhi regulasi juga bertujuan meningkatkan citra positif Indonesia di mata dunia. Selama ini banyak TKI unskill yang dikirim ke luar negeri. Ini menimbulkan persepsi negatif label Indonesia sebagai negara pengirim tenaga unskill. Oleh karena itu, ia setuju dengan langkah pemerintah yang mengizinkan pengiriman tenaga kerja terampil.

Tifar Admanco didirikan pada 1984 dengan modal cukup besar. Sebab, harus menyediakan Balai Latihan Kerja (BLK) dan penampungan yang representatif. Sesuai komitmen hanya  menyalurkan tenaga kerja terampil, dengan memberikan pelatihan sesuai kepada calon tenaga kerja yang akan dikirim. Pelatihan berupa bahasa arab dan hal teknis lain sesuai bidang pekerjaan.

Selain itu juga memiliki bisnis di bidang properti sehingga ia mempunyai keahlian menilai tenaga-tenaga yang akan dikirimkan. Sementara Tifar Admanco berada dibawah naungan Tifar Holding yang menaungi properti, medical centre dan power plant.

Ala menambahkan, dalam menjalankan usahanya ia senantiasa menekankan pada kejujuran, mulai dari penyiapan administrasi maupun data tentang tenaga kerja yang akan dikirim. “Jujur membawa berkah,” ujarnya memberi alasan di balik sikapnya tersebut.

Konsisten menerapkan kualitas layanan berdampak terhadap bisnisnya yang semakin berkembang. Ini terlihat dalam penambahan karyawannya dari semula tujuh menjadi 46 karyawan. Ala pun mensyukuri pencapaian usahanya yang sekarang. Yang lebih membanggakannya adalah turut membantu mengikis stigma TKI yang tidak punya keahlian. Kini, TKI yang dikirim sudah sejajar keahliannya dengan tenaga kerja asing dari negara lain seperti Filipina. Selain bisa memberikan peluang pekerjaan juga ada kepuasan batin karena bisa mewujudkan impian mereka bisa menunaikan ibadah haji dan umroh.

Dengan adanya penghargaan semacam Ini menurutnya sangat baik. "Bisa jadi sebagai motivasi buat kita untuk lebih dapat memberikan sesuatu yang lebih kepada masyarakat luas. Lebih bisa saling mengetahui satu sama lainnya dibidang masing-masing serta bisa membagikan hal yang bermanfaat," papar wanita yang pernah masuk 100 wanita berpengaruh versii majalah Men’s Obsession Edisi Khusus HUT ke 6 tahun 2010 ini. (PR/JAN)

rileksmedia - 1 tahun yang lalu

Artikel Terkait

Add New Comment

Artikel Terbaru

Dukung 1000 Hari Pertama Sikecil Lewat Kampanye Bunda PAS
Seribu Hari Pertama Kehidupan (HPK) buah hati adalah masa…
Sokong Kemajuan Ekonomi, ISTMI Gandeng PT PGN Gelar Diskusi Interaktif
Ikatan Sarjana Teknik Industri dan Manajemen Industri Indonesia (ISTMI)…
5 Pilar Keselamatan Kembali Digalakkan Dalam IRSA 2017
Sekitar 120 kota dan kabupaten ikut serta dalam Indonesia…
Gaet Pelanggan Baru, Wuling Insurance Hadir Untuk Perlindungan
Keamanan dalam berkendara sangat penting diperhatikan, hal ini terus…

Campaign

Nice Shot

HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara! HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara!

Rilekstube!


Partner :