rileksmedia.com
Sign Up/Login with :
Kesehatan

Indonesia Tangkal Kolesterol Dimulai Dari Sini



Serangan jantung dan stroke menduduki dua peringkat teratas penyebab kematian di dunia. Sementara menurut hasil Riset Kesehatan Dasar Indonesia 2013, stroke dan penyakit jantung juga menduduki peringkat teratas penyebab kematian di Indonesia. Stroke dan penyakit jantung uniknya, memiliki faktor risiko yang sama. Mereka yang terkena stroke berisiko tinggi terkena serangan jantung, demikian pula sebaliknya. 

Mengacu pada riset dari Center for Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika, orang dengan kadar kolesterol tinggi, berisiko hingga 2 kali lipat menderita penyakit jantung dibandingkan orang dengan kadar kolesterol normal. Sementara proporsi rerata masyarakat Indonesia dengan kadar kolesterol total diatas nilai normal adalah 35% (1 dari 3 orang). Proporsi masyarakat dengan LDL (kolesterol jahat) diatas nilai optimal mencapai 76,2% (dengan proporsi kategori LDL tinggi atau sangat tinggi 15,9%).  

Indonesia Tangkal Kolesterol

Dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia (tanggal 29 September) dan Hari Stroke Sedunia (tanggal 29 Oktober)dan sejalan dengan visi dan misi Kalbe Nutritionals yaitu membantu meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia menuju kehidupan yang lebih baik, Kalbe yang didukung oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Yayasan Jantung Indonesia serta bekerjasama dengan Klikdokter.com mengadakan gerakan Indonesia Tangkal Kolesterol melalui produknya Nutrive Benecol. Gerakan Indonesia Tangkal Kolesterol merupakan rangkaian program edukasi dengan misi meminimalisir penderita kolesterol tinggi dan menurunkan risiko stroke serta penyakit jantung koroner di Indonesia karena kolesterol tinggi.

"Dampak dari kolesterol tinggi, serta tentunya penyakit jantung dan stroke, menurunkan produktivitas sumber daya manusia, dan bahkan menurunkan proporsi populasi warga negara Indonesia yang produktif dan yang berpotensi memajukan bangsa. Kerugian dan dampak buruk akibat penyakit yang sebetulnya dapat dicegah, bukan saja menjadi kerugian individu, tapi juga berdampak bagi negara secara keseluruhan. Budaya atau kebiasaan hidup sehat seharusnya menjadi budaya bangsa”. Ujar Prof. DR. dr. Budhi Setianto, Sp.JP (K) selaku Ketua 1 Yayasan Jantung Indonesia menjelaskan.

Dr. Vito A. Damay, Sp.JP, M.Kes, FIHA, FICA, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh DarahdariKlikdokter.com menambahkan, “Salah satu upaya untuk mencegah penyakit jantung dan stroke adalah dengan mencegah faktor utama penyebabnya seperti Diabetes Mellitus (penyakit gula atau kencing manis), Hipertensi (tekanan darah tinggi), kebiasaan merokok, kegemukan, dan kadar kolesterol tinggi. Kolesterol jahat merupakan bagian penting dalam mekanisme terbentuknya plakaterosklerosis yang menyebabkan penyempitan dalam pembuluh darah jantung.” Salah satu penyebabnya adalah konsumsi makan yang kurang sehat secara berlebih. 
 
Kalbe Nutritionals memiliki portfolio pangan fungsional melalui brandnya Nutrive Benecol, yang telah diakui dapat membantu menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung koroner. “Kalbe Nutritionals ingin menjadikan tahun 2016 sebagai momentum untuk menjadi yang terdepan dalam inovasi penurunan kolesterol, risiko stroke dan jantung koroner masyarakat Indonesia, lewat rangkaian kegiatan gerakan Indonesia Tangkal Kolesterol Bersama Nutrive Benecol yang sedang diadakan di 24 kota besar,” tutup Donny Bambang Iryanto selaku Senior Brand Manager Nutrive Benecol. Rangkaian edukasi yang diadakan, disusun untuk merubah pola pikir melalui seminar dengan dokter jantung, merubah pola makan melalui demo masak bersama ahli gizi dan merubah pola aktivitas fisik yang dipimpin oleh instruktur olahraga, karena ketiga pola tersebut sangat mendasar dalam menentukan gaya hidup seseorang. (JAN)
rileksmedia - 1 tahun yang lalu

Artikel Terkait

Add New Comment

Artikel Terbaru

Kembali Raih Penghargaan, Anggun Jadi Artis Indonesia Langganan Piala Bergengsi Dunia
Goodwill Ambassador United Nations, artis Asia terlaris di luar…
Kampung Bekelir, Destinasi Wisata Baru di Tangerang dari Pacific Paint
Setelah tampak indah dan mendunia dari kota Malang, keindahan…
Peduli Sesama, KAHMI Salurkan Bantuan Kemanusiaan Banjir NTB
Bencana banjir yang menimpa Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat…
Tantangan Generasi Millenial Lewat Film My Generation
IFI Sinema yang telah berkecimpung dalam industri film nasional…

Campaign

Nice Shot

HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara! HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara!

Rilekstube!


Partner :