rileksmedia.com
Sign Up/Login with :
Ekonomi Bisnis

Lewat BBTF 2016, Menpar Ciptakan Peluang Baru untuk Wisatawan



Rangkaian kegiatan untuk mendukung pariwisata lokal dan menyebarkannya ke khalayak ramai kembali di agendakan oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya pada tahun 2016 dengan tetap mendukung dan mendorong pelaksanaan bursa pariwisata internasional Bali Beyond Travel Fair(BBTF) di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Bali.

BBTF 2016

Dilaksanakan pada 22-26 Juni 2016 mendatang dengan tema utama “Where The World Comes To Meet” yang ditargetkan dihadiri oleh 275 buyers potensial, dimana 90 diantaranya merupakan Platinum Buyers dan media, serta diikuti oleh sellers dari berbagai perusahaan di sektor pariwisata dengan target dari transaksi bisnis yang akan dihasilkan adalah sebesar Rp 9,3 triliun.  
Sebagai bursa pariwisata internasional, BBTF 2016 akan lebih fokus pada tiga produk wisata unggulan di Indonesia yang terkait dengan leisure, MICE (Meeting Incentive, Convention, and Exhibition), serta wisata minat khusus. Pemetaan minat khusus meliputi wedding & anniversary, spa & wellness, sport & adventure, healing & medical tourism, event organizer/PEO, tour operators, religious tourism, dan halal tourism.

“Event ini banyak diminati buyers internasional untuk "berbelanja" paket wisata yang ada di Bali dan destinasi wisata di kawasan Indonesia Timur (Bali & Beyond),dan total kunjungan wisman ke Indonesia sekitar hampir 40 persen masuk melalui Bali" kata Arief Yahya.
 
Seperti diketahui, Kementerian Pariwisata sebagai main sponsor dalam bursa pariwisata BBTF ini sebagai salah satu pelaksanaan Mandat Presiden Joko Widodo yang menetapkan tahun 2016 sebagai tahun percepatan akselerasi dalam rangka mewujudkan pencapaian target pembangunan di masing-masing sektor, khususnya sektor pariwisata dengan target lima tahun kedepan (2019) besaran dua kali lipat atau 20 juta wisatawan mancanegara dibanding tahun 2015 sebanyak 10 juta.

BBTF 2016

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada tahun 2015 sebesar 10,4 juta. Adapun kunjungan Januari-Maret 2016 mencapai 2.617.631 (kenaikan 5,6% dari periode yang sama di tahun 2015, yaitu 2.470.522 wisman).  Khusus untuk Bali, kunjungan wisman tahun 2015 sebesar 3.952.354 juta, sedangkankunjungan Januari-Maret 2016 Bali mencapai 1.074.622(kenaikan 16,71% dari periode yang sama di tahun 2015, yaitu 920.759 wisman).  Untuk target total kunjungan ke Bali tahun 2016 adalah sebesar 4,2 juta wisman. Adapun Top 5 Market Bali tahun 2015 secara berurutan adalah China, Australia, Jepang, Inggris, dan Malaysia. 

"(BBTF) penting sekali bagi Indonesia. Hasilnya bisa setara dengan IPT Berlin pameran terbesar pariwisata sedunia," Tutup Arief Yahya. (*/JAN)
rileksmedia - 3 tahun yang lalu

Artikel Terkait

Add New Comment

Artikel Terbaru

Kembali Raih Penghargaan Internasional, Anggun Makin Mendunia!
Penyanyi Indonesia, Anggun, kembali menorehkan prestasi internasional di tingkat…
Dilantik, Periode Kelima AELI Mengemban Peningkatan Kompetensi
Asosiasi Experiental Learning Indonesia (AELI) berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi…
Juara Renang Sea Games, Program "Kachimeshi"Ajinomoto Indonesia Patut Dicanangkan!
Ajinomoto Indonesia sebagai perusahaan yang memproduksi berbagai bumbu masak…
Ini Dia! 2 Laptop Anyar Avita Untuk Generasi Millenial
Avita mengumumkan peluncuran dua laptop terbaru yakni  Avita Admiror…

Campaign

Nice Shot

Cinta Komunitas SecondLine Squad Untuk Persija Jakarta Cinta Komunitas SecondLine Squad Untuk Persija Jakarta

Rilekstube!


Partner :