rileksmedia.com
Sign Up/Login with :
Media & Social Media

Kasus Hadi Purnomo, KPK Dinilai Tidak Adil



Sejumlah kalangan menilai, KPK tidak bersikap adil dalam kasus mantan Ketua BPK Hadi Poernomo. Komisi antirasuah itu dituding melakukan penegakan hukum dengan menabrak hukum. Mereka mengkritisi besarnya aroma politik dalam kasus Hadi.

Hal itu disampaikan Ketua Perhimpunan Magister Hukum Indonesia (PMHI) Fadli Nasution dan praktisi hukum Ombun Suryono dari Perhimpinan Advokat Indonesia (Peradi) Jakarta Timur dalam sebuah diskusi di Senayan, Jakarta, Senin (6/7).

peradi, phmi dan ombun

Menurut Fadli, sikap KPK itu melanggar UUD 1945 Pasal 28 (d). Yang bunyinya, setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum. "Perbedaan perlakuan yang dilakukan KPK terhadap Budi Gunawan dan Hadi Poernomo telah menciderai konstitusi. KPK harus adil," kata Fadli.

Menurut Fadli, sejumlah upaya yang dilakukan KPK terkait putusan praperadilan Hadi Poernomo seperti peninjauan kembali (PK), banding atau kasasi sama sekali tidak tepat. "Banding itu jelas tidak bisa. Tidak ada itu kasasi untuk putusan praperadilan. PK juga tidak, karena tidak ada indikasi penyelundupan hukum dalam kasus Hadi Poernomo," sambung Fadli.

Kata Fadli, sebaiknya kasus ini dikembalikan lagi ke Kejaksaan Agung. Nah nanti baru Kejagung yang mengeluarkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3). "KPK kan memang tidak bisa SP3," ujarnya.

Di samping itu, dia sangat sepakat bahwa KPK harus diperkuat, dengan mencegahnya melenceng dari tujuannya. Apalagi sampai dipengaruhi politik seperti terjadi pada pimpinan KPK sebelumnya. (jpnn/JAN)
rileksmedia - 3 tahun yang lalu

Artikel Terkait

Add New Comment

Artikel Terbaru

2019, Tahun Keempat Kompetisi Dekkson Sales Champion Digelar
Program SMK Sales Champion telah memasuki tahun keempat dari…
Bareng Musisi Dunia, Anggun Terlibat Project Dokumenter Internasional
Ikon musik Indonesia, juri Asias Got Talent, juara World…
Priscilla, My Beautiful Fighter, Ketika Kanker Otak Merebut Segalanya
Priscilla adalah seorang anak perempuan yang lahir pada 14…
Januari 2019, Anggun Tur di Seluruh Italia!
Anggun telah mendengarkan penggemar Italianya! Setelah beberapa tahun permintaan…

Campaign

Nice Shot

Cinta Komunitas SecondLine Squad Untuk Persija Jakarta Cinta Komunitas SecondLine Squad Untuk Persija Jakarta

Rilekstube!


Partner :