rileksmedia.com
Sign Up/Login with :
Media & Social Media

Kasus Hadi Purnomo, KPK Dinilai Tidak Adil



Sejumlah kalangan menilai, KPK tidak bersikap adil dalam kasus mantan Ketua BPK Hadi Poernomo. Komisi antirasuah itu dituding melakukan penegakan hukum dengan menabrak hukum. Mereka mengkritisi besarnya aroma politik dalam kasus Hadi.

Hal itu disampaikan Ketua Perhimpunan Magister Hukum Indonesia (PMHI) Fadli Nasution dan praktisi hukum Ombun Suryono dari Perhimpinan Advokat Indonesia (Peradi) Jakarta Timur dalam sebuah diskusi di Senayan, Jakarta, Senin (6/7).

peradi, phmi dan ombun

Menurut Fadli, sikap KPK itu melanggar UUD 1945 Pasal 28 (d). Yang bunyinya, setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum. "Perbedaan perlakuan yang dilakukan KPK terhadap Budi Gunawan dan Hadi Poernomo telah menciderai konstitusi. KPK harus adil," kata Fadli.

Menurut Fadli, sejumlah upaya yang dilakukan KPK terkait putusan praperadilan Hadi Poernomo seperti peninjauan kembali (PK), banding atau kasasi sama sekali tidak tepat. "Banding itu jelas tidak bisa. Tidak ada itu kasasi untuk putusan praperadilan. PK juga tidak, karena tidak ada indikasi penyelundupan hukum dalam kasus Hadi Poernomo," sambung Fadli.

Kata Fadli, sebaiknya kasus ini dikembalikan lagi ke Kejaksaan Agung. Nah nanti baru Kejagung yang mengeluarkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3). "KPK kan memang tidak bisa SP3," ujarnya.

Di samping itu, dia sangat sepakat bahwa KPK harus diperkuat, dengan mencegahnya melenceng dari tujuannya. Apalagi sampai dipengaruhi politik seperti terjadi pada pimpinan KPK sebelumnya. (jpnn/JAN)
rileksmedia - 2 tahun yang lalu

Artikel Terkait

Add New Comment

Artikel Terbaru

Keren! Tangga Lagu Billboard Jadi Milik Anggun Seorang!
Juara World Music Awards, juri Asias Got Talent, United…
Sebagai Pusat Dakwah, DMI Periode Baru Resmi Dilantik
Setelah Pensiun dari Polri Haji Budi Gunawan akan aktif…
Dukung 1000 Hari Pertama Sikecil Lewat Kampanye Bunda PAS
Seribu Hari Pertama Kehidupan (HPK) buah hati adalah masa…
Sokong Kemajuan Ekonomi, ISTMI Gandeng PT PGN Gelar Diskusi Interaktif
Ikatan Sarjana Teknik Industri dan Manajemen Industri Indonesia (ISTMI)…

Campaign

Nice Shot

HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara! HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara!

Rilekstube!


Partner :