rileksmedia.com
Sign Up/Login with :
Fashionista

Dari Indonesia Timur untuk Inspiring Women Day 2015



Bertempat di Grand Ballroom Kelapa Gading Sport Club, sebuah kegiatan bertajuk Inspiring Women Day (IIWD) digelar. Penggagas kegiatan ini adalah Yeni Sebayang, seorang perempuan urban muda yang terpesona oleh kesenian dan kebudayaan Tanah Air. Yeni tergerak untuk menggelar IIWD karena ingin menghadirkan wadah yang dapat mempertemukan dan menyatukan kaum perempuan untuk bersama-sama berkontribusi dalam mengangkat citra seni dan budaya Nusantara. Di IIWD 2015, Yeni memberikan kesempatan kepada para penenun dari daerah Indonesia bagian timur untuk memamerkan hasil karya tangan mereka ke masyarakat urban Jakarta.

IIWD 2015

"Saya memiliki kegemaran berkeliling pelosok Tanah Air. Dari melakukan aktivitas tersebut, saya menyadari betapa kayanya seni dan budaya Indonesia. Satu hal yang membuat saya sangat terkesan adalah bagaimana kaum perempuan di setiap daerah memainkan peranan penting dalam melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya lokal di tengah kesibukan mereka sebagai ibu rumah tangga. Sayangnya, apa yang mereka lakukan kurang mendapat apresiasi, banyak dari hasil karya tangan mereka yang belum mendapat tempat di hati masyarakat." Ujarnya dalam siaran rilis yang diterima rileksmedia.com baru-baru ini.

Dengan mengangkat tema “Delivering Indonesian Premium Textile For Everyone”, di tahun perdananya ini Yeni melalui IIWD mengajak kaum perempuan Indonesia untuk mengenal lebih dekat keindahan kain tradisional Indonesia Timur. “Jika kain batik sudah dikenal luas sebagai salah satu kain tradisional Indonesia, maka para perempuan penenun dari daerah di bagian Timur Indonesia seperti Samarinda, Sambas, Manado, Sulawesi Tengah, Bali, Bima, Kupang, Lombok, Ternate, hingga Maumere juga ingin memperkaya wawasan budaya perempuan urban Jakarta dengan memperkenalkan kain khas masing-masing. Di IIWD 2015 ini, pengunjung dapat melihat, mempelajari dan bahkan membeli kain-kain dari daerah tersebut langsung dari para penenun,” tambah Yeni.

IIWD 2015

Selain pameran kain, Yeni pun menghadirkan sejumlah kegiatan menarik yang sarat akan manfaat seperti talkshow bersama pakar busana dan kecantikan, demo padu-padan kain tradisional, demo makeup ketika berbusana kain tradisional, hingga pertunjukan hiburan. Acara yang memiliki pesan poitif tersebut juga dihadiri oleh
Imelda Fransisca (Miss Indonesia 2006) yang juga hadir sebagai salah satu pengisi acara IIWD 2015, Vera Anggraini, desainer kebaya yang kerap menggunakan kain tradisional Indonesia serta Gusnaldi, yang merupakan makeup artist ternama Ibu Kota.

"Saya bersyukur karena IIWD mendapat sambutan dan dukungan yang begitu besar dari sesama perempuan yang peduli akan kelestarian seni dan budaya Indonesia. Saya harap dengan digelarnya IIWD ini, kain tradisional dari Timur Indonesia bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas sehingga para perempuan yang menenun kain tersebut bisa lebih bersemangat dalam berkarya melestarikan budaya khas masing-masing. Selain kain dari Indonesia Timur, masih banyak seni dan budaya Tanah Air lain yang perlu diberi kesempatan untuk diperkenalkan. Saya akan mencari karya tradisional lain untuk diangkat sebagai tema IIWD ke depannya sehingga kegiatan ini bisa terus menginspirasi kaum perempuan Indonesia untuk berpartisipasi dalam mengangkat citra seni dan budaya Tanah Air ke tingkat yang lebih tinggi,” tutup Yeni. (*/JAN)
rileksmedia - 4 tahun yang lalu

Artikel Terkait

Add New Comment

Artikel Terbaru

Bersiap! Bintaro Jaya Xchange 2 Segera Berdiri!
PT Jaya Real Property Tbk (JRP) menggelar seremoni ground…
Dog Walk 2019, Bukti Keakraban Hewan dan Manusia
Sebagai salah satu pionir nutrisi kesehatan untuk anjing dan…
Gelar Lomba Tulisan, Kemendesa Jaring Semua Lapisan Masyarakat Untuk Ikutan!
Pembangunan ekonomi kawasan perdesaan bermanfaat untuk kesejahteraan desa, juga…
Morinaga Alergy Week 2019, Kesuksesan Ibu untuk Bekali Prestasi Si Kecil
Morinaga sebagai salah satu brand unggulan PT Kalbe Nutritionals…

Campaign

Nice Shot

Cinta Komunitas SecondLine Squad Untuk Persija Jakarta Cinta Komunitas SecondLine Squad Untuk Persija Jakarta

Rilekstube!


Partner :