rileksmedia.com
Sign Up/Login with :
Relations

Lewat Situs Ini, Tunanetra Kini Bisa 'Melihat'



Penglihatan merupakan sebuah anugerah yang tak terhingga datangnya dari sang maha pencipta. Dengan kedua mata yang diciptakan, beragam kegiatan dapat kita lakukan dengan mudah mulai dari bekerja hingga menonton tayangan tv sehari -hari. Tapi tahukah rilekser semua kalau ada sebagian dari kita yang kurang beruntung khususnya dalam melihat sesuatunya? Ya, tunanetra adalah bagian dari masyarakat kita yang bisa diajak kerjasama dalam bersosialiasi tanpa menutup diri.


Dengan bentuk kesadaran bermasyarakat dan dukungan nyata untuk para tunanetra, Think.Web sebuah digital agency dengan bangga meluncurkan website YouTubeForTheBlind.com yang ditujukan untuk para penyandang tunanetra untuk memaksimalkan fungsi visual video bagi mereka yang kurang beruntung tidak dapat melihat.

"Pada dasarnya kami penasaran dengan pemanfaatan video bagi teman-teman tunanetra dan terpikir bagaimana mereka bisa mendapatkan pengalaman 'menonton' secara visual. Di website ini, kami menambahkan fitur scene description atau dibuatkan penjelasan dengan teks kemudiann ditambah juga software text yo speech serta screen reader agar para tunanetra dapat memaksimalkan penggunaan video di YouTube dan dapat menikmati seperti orang normal pada umumnya" ujar Ramya Prajna S selaku co founder Think.Web dalam jumpa wartawan saat peluncurannya, selasa (18/3) siang.

Dengan beberapa kategori konten video seperti film pendek, hiburan, how to dan dokumenter, website yang memang masih terus diperbaharui dengan berkala serta bantuan para sukarelawan ini turut membantu para tunanetra khususnya di yayasan Mitra Netra yaitu sebuah pusat layanan & pelatihan bagi tunanetra sebagai partner yang bekerjasama.


"Inisiatif Think.Web membuat website ini sangat kami apresiasi dan kami berharap dapat memberikan pengaruh bagi masyarakat yang lebih luas lagi untuk ikut berpartisipasi dan sadar akan adanya hak-hak bagi penyandang cacat". Ungkap Bambang Basuki selaku Direktur Yayasan Mitra Netra.

Seperti diketahui, selain project website YouTubeForTheBlind.com, Think.Web juga memiliki beberapa initiative project yang berkaitan dengan tunanetra seperti #i4aneye (kegiatan pengetikan ilang buku kedalam bentuk digital untuk selanjutnya dibuat menjadi vuku braille dan juga bioskop bisik (nobar dengan tunanetra dimana relawan membisikkan deskripsi alur cerita film secara langsung selama film diputar).

So, mari peduli sesama lewat akses yang sudah tersedia. (JAN)
rileksmedia - 4 tahun yang lalu

Artikel Terkait

Add New Comment

Artikel Terbaru

Terbaik! Jalan-Jalan ke Jepang dengan Promo Segudang!
Berbagai pesona keindahan wisata di Jepang, menjadikannya sebagai salah…
Menyasar Gaya Hidup Urban, Gold Ribbon Hadir Disegala Momen
Es krim saat ini menjadi salah satu jajanan yang…
Berpeluang Tembus Pasar Global, IKM Bogor Aktif Naik Kelas
Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya akses internet…
Ulang tahun, Emporium Pluit Mall Sajikan Panggung EMPORIUM GORGEUS 10
Emporium Pluit Mall merayakan ulang tahun ke-10 tahun 2019…

Campaign

Nice Shot

Cinta Komunitas SecondLine Squad Untuk Persija Jakarta Cinta Komunitas SecondLine Squad Untuk Persija Jakarta

Rilekstube!


Partner :