rileksmedia.com
Sign Up/Login with :
Travel & Leisure

Keren! Purwakarta Punya Air Mancur Terbesar di Indonesia!



Industri pariwisata Indonesia yang mulai banyak dilirik oleh para turis mancanegara membuat salah satu kabupaten di provinsi Jawa Barat tengah berbenah. Ya, ia adalah Purwakarta. Terletak ±80 km sebelah timur Jakarta serta berbatasan dengan Kabupaten Karawang di bagian Utara dan sebagian wilayah Barat, Kabupaten Subang di bagian Timur dan sebagian wilayah bagian Utara, Kabupaten Bandung Barat di bagian Selatan, dan Kabupaten Cianjur di bagian Barat Daya ini mempercantik dirinya lewat beragam destinasi wisata yang layak dikunjungi termasuk Museum Diorama ‘Bale Panyawangan’, Monumen Citraresmi dan Taman Air Mancur Terbesar di Indonesia, Taman Air Mancur ‘Sribaduga’ Situ Buleud.

Kehadiran ketiga karakter dan ikon kota Purwakarta tersebut merupakan bagian dari program kerja Bupati Purwakarta yang dipercaya kembali untuk memimpin kota Purwakarta periode tahun 2013 hingga 2018 mendatang untuk membenahi dan menata kota Purwakarta agar menjadi kota yang berkarakter budaya sekaligus menyediakan sarana rekreasi bagi masyarakat Purwakarta.

Purwakarta

"Sebagai kabupaten yang memiliki sejarah kerajaan Sunda yang cukup kental, kami pun ingin menjadikan sejarah dan budaya Sunda sebagai bagian dalam membenahi dan menata kota sesuai dengan visi ‘Purwakarta Berkarakter’. Kehadiran ketiga karakter dan ikon kota ini tujuannya adalah untuk memberikan wadah rekreasi yang dapat dinikmati oleh masyarakat Purwakarta sehingga mereka tidak perlu keluar kota untuk mencari hiburan karena sekarang Kabupaten Purwakarta sudah memiliki Taman Air Mancur terbesar di Indonesia yang berada di Taman Air Mancur ‘Sribaduga Situ Buleud dengan atraksi air mancur spektakuler yang tak kalah seperti di negara Singapura" Ujar Bupati Purwakarta H. Dedi Mulyadi SH kepada awak media beberapa waktu lalu.

Dengan kehadiran 3 destinasi baru tersebut, rilekser bisa menjelajahi satu persatu wisata rekreasi yang ditawarkan mulai dari Museum Diorama ‘Bale Panyawangan’ Sejarah Sunda dan Purwakarta dimana museum diorama ini merupakan yang pertama di Jawa Barat yang mengangkat sejarah Sunda dan tentunya Kabupaten Purwakarta. Diorama ini dilengkapi dengan teknologi multimedia dan sistem informasi digital yang menyuguhkan berbagai informaswi terkait sejarah Sunda dan Purwakarta. Selain itu yang menarik dari diorama ini adanya bioskop mini yang khusus memutar film dokumenter sejarah kerajaan Sunda, Purwakarta dan kota-kota di Jawa Barat. Selepas mengunjungi diorama tadi, rilekser bisa langsung ke Monumen Citraresmi karena berada tepat di halaman depan Taman Air Mancur ‘Sribaduga’ Situ Buleud, Monumen Citraresmi merupakan bagian dari sejarah Sunda yang lebih popular dengan peristiwa perang bubat.

Purwakarta

Dan yang terakhir dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Taman Air Mancur ‘Sribaduga’ Situ Buleud dimana area taman kota yang kini telah ditata dengan dilengkapi air mancur di sekeliling situ (danau) menjadi daya tarik tersendiri. Taman Air Mancur ini merupakan yang terbesar di Indonesia yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten dengan luas area hampir satu hektar lebih. Selain Air Mancur, taman ini juga dilengkapi dengan pencahayaan dan laser yang bergerak menari dengan iringan musik, tak ubahnya Wings of Time di Singapura.

Yang pasti, untuk menikmati informasi dan keindahan dari ketiga karakter dan ikon terbaru yang dimiliki Kabupaten Purwakarta ini, masyarakat dapat dengan bebas masuk dan tidak dipungut biaya alias gratis. Namun ke depannya, untuk Taman Air Mancur ‘Sribaduga’ Situ Buleud, Pemerintah Kabupaten Purwakarta akan menerapkan aturan bagi yang akan masuk harus mengenakan pakaian adat Sunda yakni Pangsi dan Iket (bagi pria) dan kebaya (bagi wanita). "Ini sebagai bagian agar masyarakat Purwakarta tetap mencintai pakaian adat Sunda dan tidak luntur karena perubahan jaman. Kami ingin masyarakat Purwakarta akan terus mengusung budaya Sunda dalam kesehariannya sehingga hingga anak-cucu di masa mendatang mereka tetap tahu dan paham sejarah Sunda dan juga mencintainya seperti nenek moyangnya", jelas Bupati H. Dedi Mulyadi SH.

Seperti diketahi, kehadiran 3 objek wisata terbaru di Purwakarta ini juga melanjutkan visi dan pendekatan pembangunan ‘Purwakarta Berkarakter’ yang merangkul kumpulan peran masyarakat, mandiri, berdaya saing, tangguh serta maju sesuai dengan tata nilai masyarakat Purwakarta yang berlandaskan religi keislaman dan tata nilai lokal, Pemerintah Kabupaten Purwakarta yang berada di bawah pimpinan Bupati H. Dedi Mulyadi SH. (JAN)
rileksmedia - 2 tahun yang lalu

Artikel Terkait

Add New Comment

Artikel Terbaru

Keren! Tangga Lagu Billboard Jadi Milik Anggun Seorang!
Juara World Music Awards, juri Asias Got Talent, United…
Sebagai Pusat Dakwah, DMI Periode Baru Resmi Dilantik
Setelah Pensiun dari Polri Haji Budi Gunawan akan aktif…
Dukung 1000 Hari Pertama Sikecil Lewat Kampanye Bunda PAS
Seribu Hari Pertama Kehidupan (HPK) buah hati adalah masa…
Sokong Kemajuan Ekonomi, ISTMI Gandeng PT PGN Gelar Diskusi Interaktif
Ikatan Sarjana Teknik Industri dan Manajemen Industri Indonesia (ISTMI)…

Campaign

Nice Shot

HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara! HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara!

Rilekstube!


Partner :