rileksmedia.com
Sign Up/Login with :
Seni Budaya

Program Kuliah Kerja Nyata Lintas Negara, UiTM Malaysia kunjungi SMP-SMA Plus Khadijah Islamic School di Jakarta



Sebanyak 106 rombongan Dosen dan Mahasiswa Jurusan Food Service Management (Tata Boga), Fakultas Pengurusan Hotel dan Pelancongan Universiti Teknologi MARA (UiTM) Selangor, Malaysia melakukan Kuliah Kerja Nyata terpadu lintas negara di Indonesia selama 6 hari 5 malam (14-19 April 2014). Program yang diikuti 97 mahasiswa dan 9 dosen ini melakukan bhakti sosial di SMP-SMA Plus Khadijah Islamic Schoool (KIS). Selain bhakti sosial UiTM juga melakukan serangkaian kegiatan wisata kuliner dan pertukaran seni budaya di UNJ, TMII, dan pusat kuliner Kota Bandung.

"Kami mempersiapkan program KKN Lintas Negara ini sejak November 2011. Program ini diharapkan dapat membuat kami lebih peduli kepada masyarakat dan mendapatkan pengalaman baru di negara lain," kata Muhammad Hazim Ridwan, 23th, Exco Perhubungan Luar dan Antar Bangsa Majelis Perwakilan Pelajar (Senat Mahasiswa) UiTM yang menjadi Project Direktor program ini. 

Menurut Hazim, alasan pemilihan SMP-SMA Plus Khadijah Islamic School sebagai tempat bhakti sosial adalah karena adanya remokendasi dari rekan-rekan mereka yaitu 30 Mahasiswa dan dosen Fakultas Farmasi yang tahun sebelumnya pernah berkunjung ke Khadijah Islamic School dengan kegiatan serupa. 

Di sekolah plus yang memiliki asrama ini, para mahasiswa UiTM melakukan aksi social dengan memberikan bantuan berupa pengecatan ruang kelas, penataan taman, pembuatan mural, sumbangan buku untuk perpustakaan, dan pertunjukan seni budaya. Dana bantuan untuk program sosial di Khadijah Islamic School ini dikumpulkan mahasiswa UiTM dari hasil penjualan makanan di kampusnya. 

Program bhakti sosial ini disambut baik oleh ketua Yayasan Amal Pendidikan Sosial Islam Indonesia (YAPSII) Hj. Siti Aisyah, MBA, yang menaungi SMP-SMA Plus Khadijah."Siswa disini senang dengan adanya bhakti sosial dari mahasiswa UiTM, mereka dapat membaur dengan baik, memberikan contoh kerja nyata dalam pengabdian kepada masyarakat dan menampilkan pertunjukan seni budaya. Kami menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan bantuan dari rekan-rekan mahasiswa UiTM pada acara ini." 

SMP-SMA Plus Khadijah Islamic School, yang berlokasi dibilangan Pasar Jumat, Lebak Bulus Jakarta Selatan ini berada dibawah Yayasan Amal Pendidikan dan Sosial Islam Indonesia (YAPSII). Yayasan yang bergerak dibidang pendidikan dan sosial ini membangun konsep pendidikan Khadijah Islamic School, sebagai sekolah berasrama yang tidak dipungut biaya pendidikan. Sekolah ini diperuntukkan khusus muslimah yatim dan dhuafa dari berbagai daerah di Indonesia.

SMA Plus Khadijah Islamic School berdiri sejak tahun 2006, dan kemudian menyusul SMP Plus-nya berdiri sejak tahun 2008, pada saat ini telah berhasil mendapat akreditasi “B” dari Badan Akreditasi Sekolah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional pada tahun 2011. Untuk menuju cita-cita “Memberikan Pendidikan Yang Berkualitas bagi kalangan dhuafa Untuk melahirkan generasi berjiwa pemimpin yang berkarakter islami, cerdas, terampil, mandiri, berguna bagi diri dan masyarakat” 

SMP-SMA Plus Khadijah Islamic School saat ini memiliki 117 siswa, 17 staf pengajar akademik dan 4 guru lifeskill. Semua siswa di sekolah ini adalah perempuan. Mereka berasal dari seleksi yang ketat dari latar belakang keluarga yang kurang mampu dan anak yatim.

"Untuk menjadi siswa disini harus melewati serangkaian test yang cukup ketat terutama psikotest dan kemampuan survival. Kami ingin menamamkan karakter muslimah yang memiliki akhlak, kemandirian, dan jiwa entrepreneur yang baik," kata Ketua Yayasan YAPSII, Hj. Siti Aisyah, MBA


Selain melakukan bhakti sosial di SMP-SMA Plus Khadijah Jakarta, Mahasiswa UiTM juga mengunjungi Universitas Negeri Jakarta (UNJ), beberapat tempat Wisata kuliner di Kota Bandung, dan festival budaya di TMII. Kampus UiTM yang berdiri tahun 1999 dan berpusat di Shah Alam Selangor Malaysia saat ini memiliki 17 kampus yang tersebar di seluruh negara bagian Malaysia, dengan jumlah mahasiswa sekurangnya 200 ribu mahasiswa. (rileksmedia/heri)
rileksmedia - 4 tahun yang lalu

Artikel Terkait

Add New Comment

Artikel Terbaru

Perkuat Kerjasama, TOTAL Dukung BWF Hingga 2021
Perusahaan energi raksasa, Total, mengumumkan perpanjangan kemitraan dengan Badminton…
Keren! Tangga Lagu Billboard Jadi Milik Anggun Seorang!
Juara World Music Awards, juri Asias Got Talent, United…
Sebagai Pusat Dakwah, DMI Periode Baru Resmi Dilantik
Setelah Pensiun dari Polri Haji Budi Gunawan akan aktif…
Dukung 1000 Hari Pertama Sikecil Lewat Kampanye Bunda PAS
Seribu Hari Pertama Kehidupan (HPK) buah hati adalah masa…

Campaign

Nice Shot

HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara! HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara!

Rilekstube!


Partner :