rileksmedia.com
Sign Up/Login with :
Tips Dr Michael

Kehilangan Cairan Tubuh dan Perilaku



Ingatkah Anda disaat sedang sedih, kesal yang terkadang membuat kita berperilaku aneh maka anjuran orang tua adalah menarik nafas dalam dan minum air? Ternyata hal itu sangat membantu untuk menenangkan hati yang gundah sehingga mampu berpikir tenang dan bertindak wajar yaitu dengan mengatasi kekurangan cairan tubuh.

Disaat resah dan stres akan terjadi peningkatan aktivitas fisik seperti berjalan mondar-mandir, menghentak-hentakkan kaki dan marah yang tentunya akan menaikkan metabolisme tubuh juga kehilangan keringat. Selain itu disaat emosi meningkat, pernafasan akan menjadi cepat dan memicu kehilangan cairan tubuh lebih dari biasa.

Akumulasi dari keduanya dapat memperburuk suasana hati yang sedang kalut dengan timbulnya berbagai keluhan akibat dehidrasi seperti sakit kepala, kesulitan konsentrasi, jantung berdebar-debar, kelemahan pada otot dan sendi, bahkan dapat berlanjut menjadi kesemutan, kram dan kejang-kejang. Hal-hal inilah yang membuat penderita menjadi bertambah kalut karena khawatir terkena gangguan jantung, stroke ataupun penyakit serius lainnya.

Terkadang ada yang berusaha menyalurkan emosinya dalam bentuk olahraga keras seperti tinju, body combat ataupun muay thai namun sayangnya selama kondisi dehidrasi tersebut belum teratasi maka keluhan kelelahan fisik dan emosi menjadi bertambah berat dan sipenderita menjadi benar-benar "habis" tenaganya yang terkadang sampai harus dirawat di rumah sakit.

Untuk itu penting untuk dipahami kalau seseorang yang sedang stres dan berperilaku aneh maka kemungkinan besar ia mengalami dehidrasi dan untuk mengatasinya adalah dengan meminum air sedikit demi sedikit yang tanpa sadar juga akan membuat kita mengatur pernafasan yang sebelumnya "memburu" menjadi lebih teratur untuk menjadi lebih tenang yang pada akhirnya dapat menghindarkan tubuh dari gangguan dehidrasi yang lebih berat.(MT/image: google.co,id)

Dr. Michael Triangto, SpKO dikenal sebagai spesialis Kedokteran Olahraga yang juga menjabat sebagai Kepala Departemen Kedokteran Olahraga Pengurus Besar PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia) dan Staf Ahli Medis untuk Persatuan Golf Indonesia. Selain aktif sebagai pembicara di berbagai seminar ilmiah dan popular, sehari-hari, dr. Michael berpraktek di RS Mitra Kemayoran serta Klinik Slim&Health Mal Taman Anggrek Jakarta. Bukunya yang berjudul Sport Therapy telah diterbitkan ulang oleh Penerbit Intisari.
rileksmedia - 5 tahun yang lalu

Artikel Terkait

Add New Comment

Artikel Terbaru

Perkuat Kerjasama, TOTAL Dukung BWF Hingga 2021
Perusahaan energi raksasa, Total, mengumumkan perpanjangan kemitraan dengan Badminton…
Keren! Tangga Lagu Billboard Jadi Milik Anggun Seorang!
Juara World Music Awards, juri Asias Got Talent, United…
Sebagai Pusat Dakwah, DMI Periode Baru Resmi Dilantik
Setelah Pensiun dari Polri Haji Budi Gunawan akan aktif…
Dukung 1000 Hari Pertama Sikecil Lewat Kampanye Bunda PAS
Seribu Hari Pertama Kehidupan (HPK) buah hati adalah masa…

Campaign

Nice Shot

HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara! HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara!

Rilekstube!


Partner :