rileksmedia.com
Sign Up/Login with :
Tips Dr Michael

Mengatasi Malas Memulai Olahraga!



“Olahraga adalah jalan menuju tubuh yang sehat” atau “ Tak ada hari tanpa berolahraga” adalah kata-kata yang sering kita dengar dan masih banyak lagi slogan-slogan yang ditujukan agar kita mau mengutamakan berolahraga bagi kesehatan tubuh kita.

Tidak dapat disangkal bahwa salah satu pilar kesehatan adalah berolahraga secara teratur namun dengan berbagai masalah modernisasi, kesibukan kerja, kemacetan lalu lintas, ketiadaan teman berolahraga dan masih banyak lagi alasan yang sering membuat kita menjadi malas dan memutuskan untuk tidak berolahraga. Terkadang alasan untuk malas berolahraga terdengar sangat dibuat-buat misalnya tidak dapat berolahraga karena akan merusak tata rambut, atau tidak mau berolahraga karena akan membuat penampilan kita terlihat lusuh dan kuyu karena terlalu lelah.

Sebenarnya kemalasan untuk memulai berolahraga lebih sering disebabkan oleh rasa takut yang tak berdasar dan salah persepsi tentang olahraga itu sendiri. Hal itu dapat diatasi dengan baik tanpa menimbulkan gangguan terhadap kehidupan sehari-hari asalkan kita dapat membuat program latihan yang sesuai dengan aktivitas dan kehidupan yang ada.

Salah satu kesalahan mendasar adalah mempersepsikan olahraga harus dilakukan seperti atlet yaitu latihan seberat mungkin, berkeringat, sampai otot terasa pegal dan juga lelah. Bilamana berbagai hal diatas yang menjadi terjadi saat berlatih maka tidak heran hal tersebut akan membuat banyak orang mengurungkan niat untuk memulai latihan.

Yang harus dipahami adalah olahraga harus memiliki tujuan misalnya prestasi, sekedar bersenang-senang ataupun untuk kesehatan. Bila tujuan tersebut menyangkut dua hal yang pertama tentunya maka biasanya dilakukan dalam intensitas yang berat, namun bila untuk kesehatan maka harus dipastikan intensitasnya tak perlu berat dan juga tidak harusberlama-lama menghabiskan waktu karena latihan tersebut dapat disisipkan didalam aktivitas harian kita.

Bentuknya adalah dengan menambah kecepatan berjalan saat berjalan ke mini market di perumahan kita ataupun dengan mengayuh sepeda saat menonton acara televisi kegemaran kita. Aktivitas olahraga lainnya adalah melakukan  latihan otot saat berada di meja kerja kita adalah pilihan yang pantas untuk dicoba tanpa harus menghabiskan waktu berharga kita.

Dengan demikian berbagai latihan olahraga baik yang berupa  latihan aerobik maupun anaerobik dapat dilakukan tanpa harus berkeringat ataupun terlalu lelah namun hal tersebut tetap dapat meningkatkan derajat kesehatan. Hal terbaik yang perlu diketahui oleh para pemula yang tak pernah berolahraga adalah berapapun ringannya intensitas latihan yang dilakukan tetap akan mampu meningkatkan nilai kebugaran tubuh mereka. Oleh sebab itu apapun kesibukan yang ada jangan lupakan untuk menyisipkan aktivitas ekstra untuk menunjang kesehatan tubuh kita. (MT/image: google.co,id)

Dr. Michael Triangto, SpKO dikenal sebagai spesialis Kedokteran Olahraga yang juga menjabat sebagai Kepala Departemen Kedokteran Olahraga Pengurus Besar PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia) dan Staf Ahli Medis untuk Persatuan Golf Indonesia. Selain aktif sebagai pembicara di berbagai seminar ilmiah dan popular, sehari-hari, dr. Michael berpraktek di RS Mitra Kemayoran serta Klinik Slim&Health Mal Taman Anggrek Jakarta. Bukunya yang berjudul Sport Therapy telah diterbitkan ulang oleh Penerbit Intisari.
rileksmedia - 5 tahun yang lalu

Artikel Terkait

Add New Comment

Artikel Terbaru

Perkuat Kerjasama, TOTAL Dukung BWF Hingga 2021
Perusahaan energi raksasa, Total, mengumumkan perpanjangan kemitraan dengan Badminton…
Keren! Tangga Lagu Billboard Jadi Milik Anggun Seorang!
Juara World Music Awards, juri Asias Got Talent, United…
Sebagai Pusat Dakwah, DMI Periode Baru Resmi Dilantik
Setelah Pensiun dari Polri Haji Budi Gunawan akan aktif…
Dukung 1000 Hari Pertama Sikecil Lewat Kampanye Bunda PAS
Seribu Hari Pertama Kehidupan (HPK) buah hati adalah masa…

Campaign

Nice Shot

HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara! HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara!

Rilekstube!


Partner :