rileksmedia.com
Sign Up/Login with :
Tips Dr Michael

Mencegah Ketertarikan Pada Hal Lain Saat Berolahraga!



Sebelum memulai suatu program olahraga sebaiknya kita menentukan apa yang akan menjadi tujuan dari latihan tersebut. Tanpa adanya tujuan yang jelas maka kita akan “tersesat” tanpa memperoleh hasil yang diharapkan dan pada akhirnya hanya membuang-buang tenaga dan waktu yang sangat berharga. Langkah selanjutnya adalah menjaga agar kita tetap fokus pada tujuan dan bila target telah tercapai baru kita boleh menentukan tujuan yang baru dan tentunya lebih baik.

Saat menjalani suatu program latihan ternyata ada banyak sekali kejadian yang mungkin saja akan mengubah fokus kita saat itu misalnyasebenarnya kemampuan kita untuk melakukan treadmill hanya untuk berjalan cepat namun karena kita merasa “sungkan” dengan “atlet “ yang berlatih di treadmill sebelah maka kita kita terpaksa berlari mengikutinya meskipun hal itu berarti kita berlatih melampai batas-batas kemampuan kita yang dapat membawa kita kepada cedera ataupun gangguan kesehatan lainnya.

Contoh lainnya adalah saat kita telah menentukan bahwa latihan kita cukup dilakukan selama 45 menit namun karena monitor treadmill yang kita lihat belum menunjukkan jumlah kalori  yang dibakar sebagaimana yang diharapkan maka dengan penuh kesadaran kita menambah waktu berlatih kita yang sebenarnya tidak selalu berarti akan membuat kita lebih sehat dan sebaliknya akan membebani jantung kita.

Ternyata gangguan terhadap fokus berolahraga juga dapat berupa masalah sosial seperti mengubah tujuan awal untuk berolahraga agar menjadi sehat dengan sekedar menjalin pertemanan dengan orang lain lalu melupakan niat berolahraga tersebut. Oleh karena itu penting untuk selalu diingat bahwa tujuan awal harus selalau diperkuat agar kita dapat fokus untuk menjalaninya dan tentunya agar dapat memperoleh hasil yang maksimal. (MT/image: google.co,id)

Dr. Michael Triangto, SpKO dikenal sebagai spesialis Kedokteran Olahraga yang juga menjabat sebagai Kepala Departemen Kedokteran Olahraga Pengurus Besar PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia) dan Staf Ahli Medis untuk Persatuan Golf Indonesia. Selain aktif sebagai pembicara di berbagai seminar ilmiah dan popular, sehari-hari, dr. Michael berpraktek di RS Mitra Kemayoran serta Klinik Slim&Health Mal Taman Anggrek Jakarta. Bukunya yang berjudul Sport Therapy telah diterbitkan ulang oleh Penerbit Intisari.
rileksmedia - 4 tahun yang lalu

Artikel Terkait

Add New Comment

Artikel Terbaru

Keren! Tangga Lagu Billboard Jadi Milik Anggun Seorang!
Juara World Music Awards, juri Asias Got Talent, United…
Sebagai Pusat Dakwah, DMI Periode Baru Resmi Dilantik
Setelah Pensiun dari Polri Haji Budi Gunawan akan aktif…
Dukung 1000 Hari Pertama Sikecil Lewat Kampanye Bunda PAS
Seribu Hari Pertama Kehidupan (HPK) buah hati adalah masa…
Sokong Kemajuan Ekonomi, ISTMI Gandeng PT PGN Gelar Diskusi Interaktif
Ikatan Sarjana Teknik Industri dan Manajemen Industri Indonesia (ISTMI)…

Campaign

Nice Shot

HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara! HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara!

Rilekstube!


Partner :