rileksmedia.com
Sign Up/Login with :
Tips Dr Michael

Bagaimana Kita Harus Berolahraga?



Ketiadaan waktu dan berbagai inaktivitas tubuh akibat modernisasi kehidupan di perkotaan akan membuat tubuh menjadi kurang bergerak misalnya penggunaantransportasi, elevator, lift, remote control ataupun kemacetan lalu lintas berkontribusi besar pada penurunan tingkat kesehatan tubuh. Penurunan kebugaran dan meningkatnya gangguan kesehatan menyebabkan banyak orang yang memutuskan untuk memulai berolahraga namun umumnya mereka terbentur pada pertanyaan bagaimana sebaiknya berolahraga agar kesehatan tubuh dapat dicapai.

Sebagaimana diketahui bahwa bertambah lama kita menjadi tidak aktif maka gangguan kesehatan akan semakin besar oleh sebab itu untuk mencegahnya tentunya kita harus berlatih lebih lama. Secara umum para ahli bersepakat untuk menganjurkan masyarakat untuk berolahraga minimal selama 150 menit per minggu agar tubuh tetap sehat. Dikatakan juga bahwa durasi tersebut sebaiknya  dilakukan dalam bentuk terbagi menjadi 3 kali seminggu dengan durasi  masing-masing 30 menit.

Bila memungkinkan frekuensi latihan dapat ditingkatkan menjadi 5 kali seminggu dan durasinya juga dapat ditingkatkan sampai dengan satu jam perkali latihan selama memang memungkinkan. Latihan harus dilakukan secara terprogram, teratur, terukur dan dilakukan secara berkesinambungan sehingga bila kita hanya melakukannya seminggu, sebulan ataupun setahun sekali seperti saat mengikuti acara company gathering tentunya tidak akan menimbulkan efek perbaikan pada kesehatan tubuh kita.

Selain memiliki durasi dan frekuensi maka suatu program yang baik juga harus mengandung unsur jenis latihan aerobik seperti jalan cepat ataupun anaerobik seperti latihan beban pada otot. Intensitas latihan juga harus tepat dan disesuaikan dengan tingkat kemampuan tubuh saat itu agar tak menimbulkan gangguan kesehatan yang tak diharapkan.

Bila kita tak mau berolahraga dan memutuskan untuk melakukan pekerjaan rumah tangga saja sebagai pengganti olahraga tentunya tidak merupakan pilihan yang tepat karena aktivitas di rumah yang terbatas tersebut tidak akan mampu mencakup semua komponen olahraga diatas namun bila latihan tersebut ditambah dengan berbagai komponen olahraga dan dilakukan secara terukur dan teratur maka tingkat kesehatan dan kebugaran tubuh akan dapat ditingkatkan.

Dengan demikian tak perlu lagi menunda berolahraga karena apapun jenis aktivitas fisik yang akan kita lakukan tidak perlu terikat dengan tempat ataupun waktu dan hal tersebut akan dapat kita tingkatkan dengan komponen- komponen olahraga sehingga dapat dimanfaatkan dalam membuat tubuh lebih sehat..(MT/image: google.co,id)

Dr. Michael Triangto, SpKO dikenal sebagai spesialis Kedokteran Olahraga yang juga menjabat sebagai Kepala Departemen Kedokteran Olahraga Pengurus Besar PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia) dan Staf Ahli Medis untuk Persatuan Golf Indonesia. Selain aktif sebagai pembicara di berbagai seminar ilmiah dan popular, sehari-hari, dr. Michael berpraktek di RS Mitra Kemayoran serta Klinik Slim&Health Mal Taman Anggrek Jakarta. Bukunya yang berjudul Sport Therapy telah diterbitkan ulang oleh Penerbit Intisari.
rileksmedia - 5 tahun yang lalu

Artikel Terkait

Add New Comment

Artikel Terbaru

Perkuat Kerjasama, TOTAL Dukung BWF Hingga 2021
Perusahaan energi raksasa, Total, mengumumkan perpanjangan kemitraan dengan Badminton…
Keren! Tangga Lagu Billboard Jadi Milik Anggun Seorang!
Juara World Music Awards, juri Asias Got Talent, United…
Sebagai Pusat Dakwah, DMI Periode Baru Resmi Dilantik
Setelah Pensiun dari Polri Haji Budi Gunawan akan aktif…
Dukung 1000 Hari Pertama Sikecil Lewat Kampanye Bunda PAS
Seribu Hari Pertama Kehidupan (HPK) buah hati adalah masa…

Campaign

Nice Shot

HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara! HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara!

Rilekstube!


Partner :