rileksmedia.com
Sign Up/Login with :
Tips Dr Michael

Suplemen Herbal Tak Selamanya Aman



Pada masa ini efek samping dari berbagai obat kimiawi sudah sedemikian mengkhawatirkan yang menyebabkan banyak anggota masyarakat menghindari obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Akibatnya sering ditemui penderita penyakit yang berkeras untuk tidak menggunakan obat meskipun kondisi fisiknya terus memburuk dan mereka beralih menggunakan suplemen herbal yang dianggap lebih aman untuk dikonsumsi.

Memang benar penggunaan bahan kimia yang berlebihan akan memberikan dampak tidak baik terutama pada penggunaan tanpa alasan yang jelas. Hal tersebut tercermin pada penggunaan obat antibiotik yang tidak tepat menyebabkan berbagai efek samping misalnya alergi, gangguan kesehatan dan juga timbulnya resistensi kuman terhadap obat antibiotik yang tentunya akan sangat merugikan baik bagi manusia maupun terhadap lingkungan.

Pada sisi lain menghindari semua bahan kimia tanpa pertimbangan yang bijak juga berpotensi untuk menimbulkan gangguan kesehatan yang serius bahkan dapat berakibat fatal bagi kehidupan manusia. Sebaliknya penggunaan suplemen herbal tidak selalu berarti lebih baik dan dapat mengurangi efek samping dari bahan kimia karena bagaimanapun juga bahan herbal juga mengandung bahan-bahan kimia yang tetap saja dapat membahayakan kesehatan hati ataupun ginjal oleh sebab itu penggunaannya haruslah rasional.

Di dunia olahraga suplemen herbal juga banyak digunakan karena dianggap alami dan aman namun ternyata suplemen tersebut juga dapat menyebabkan hasil positif saat dilakukan tes doping. Beberapa atlet nasional kita pernah terdeteksi menggunakan doping yang disebabkan oleh penggunaan suplemen herbal yang dikenal sebagai jamu.

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa beberapa jamu memiliki kemampuan untuk menghilangkan pegal linu ataupun dapat menambah kekuatan tubuh. Bagi atlet tentunya bahan herbal seperti itu sangat berguna untuk membantu mereka memulihkan stamina ataupun mengurangi efek nyeri otot saat bertanding agar dapat membuat mereka menjadi juara.

Sangat disayangkan bahwa masih banyak atlet yang belum menyadari kalau suplemen herbal juga ada yang mengandung bahan terlarang di dunia olahraga persis sama seperti obat kimiawi pada umumnya. Contoh dari suplemen herbal yang terkenal dapat menaikkan daya tahan tubuh adalah Chinese Ephendra dan Ma Huang yang masuk dalam kelompok bahan doping stimulan atau perangsang.

Bahan tersebut mampu membuat atlet tak mudah lelah dan dapat menyebabkan hasil test doping positif yang tentunya akan merugikan karier si atlet meskipun mereka tak pernah bermaksud berbuat curang namun harus bertanggung jawab hanya karena ketidaktahuan tentang suplemen herbal yang dikonsumsi.

Oleh sebab itu penggunaan obat ataupun suplemen sebaiknya lebih rasional artinya hanya digunakan bilamana dibutuhkan dan bukannya untuk pencegahan dari kondisi ataupun penyakit tertentu terlebih lagi bila digunakan untuk jangka waktu tak terbatas dan tanpa alasan yang jelas. Kunci menuju sehat sejati adalah melakukan olahraga teratur, menjaga pola makan yang baik dan menghindari bahan-bahan yang berbahaya seperti rokok, alkohol juga narkoba.(MT/image: google.co,id)

Dr. Michael Triangto, SpKO dikenal sebagai spesialis Kedokteran Olahraga yang juga menjabat sebagai Kepala Departemen Kedokteran Olahraga Pengurus Besar PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia) dan Staf Ahli Medis untuk Persatuan Golf Indonesia. Selain aktif sebagai pembicara di berbagai seminar ilmiah dan popular, sehari-hari, dr. Michael berpraktek di RS Mitra Kemayoran serta Klinik Slim&Health Mal Taman Anggrek Jakarta. Bukunya yang berjudul Sport Therapy telah diterbitkan ulang oleh Penerbit Intisari.
rileksmedia - 5 tahun yang lalu

Artikel Terkait

Add New Comment

Artikel Terbaru

Perkuat Kerjasama, TOTAL Dukung BWF Hingga 2021
Perusahaan energi raksasa, Total, mengumumkan perpanjangan kemitraan dengan Badminton…
Keren! Tangga Lagu Billboard Jadi Milik Anggun Seorang!
Juara World Music Awards, juri Asias Got Talent, United…
Sebagai Pusat Dakwah, DMI Periode Baru Resmi Dilantik
Setelah Pensiun dari Polri Haji Budi Gunawan akan aktif…
Dukung 1000 Hari Pertama Sikecil Lewat Kampanye Bunda PAS
Seribu Hari Pertama Kehidupan (HPK) buah hati adalah masa…

Campaign

Nice Shot

HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara! HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara!

Rilekstube!


Partner :