rileksmedia.com
Sign Up/Login with :
Telekomunikasi

Best of The Best XL IBA 2011 : Limbah Tapioka Jadi Makanan Bergizi



Dua kakak beradik, Nur Kartika Indah Mayasti & Hartawan Hari Mayasto dari Yogyakarta berhasil mengembangkan limbah tapioka menjadi makanan bermanfaat tinggi, Nata de Casava. Melalui hasil riset yang panjang, pegawai LIPI ini sukses menjadi pemenang Best of The Best dari program IBA 2011 - XL Axiata  dan berhak menerima hadiah Rp 100 juta.

"Kami mengembangkan limbah tapioka menjadi makanan nata de casava yang  bergizi. Untuk saat ini, peredaran produknya telah mencakup wilayah Jawa Timur. Mudah-mudahan dalam waktu  dekat akan beredar pula di Lampung dan beberapa daerah lainnya," tambah Mayesti dan kakaknya yang aktif mengembangkan jaringan UKM binaanya.

Sementara untuk The Most Inspiring Social and Culture Activist disediakan hadiah senilai 50 juta rupiah. Pemenangnya adalah “Revitalisasi peran perempuan dalam struktur adat Ngata Toro” yang galakan oleh Rukmini Paata Toheke.

"Dulu perempuan didaerah kami sama sekali tidak dianggap, semua pengambilan keputusan secara adat dilakukan oleh laki-laki. Sampai kami akhirnya menyadari bahwa perempuan harus ada karena lebih memiliki perasaan dan peka, harus ada penyeimbang," tutur Rukmini.

Dalam kesempatan ini, Turina Farouk, VP Communication XL menyatakan, perusahaannya telah menyaring ratusan orang-orang terpilih yang memberikan kontribusi nyata dan berarti untuk Indonesia. 
 
"Melalui ajang penghargaan ini, kami ingin memberi apresiasi bagi orang-orang yang denagn effort-nya telah memberi dampak bagi masyarakat. Apakah itu dalam bidang  Iptek, Edukasi atau Seni," kata Turina. Lebih lanjut Turina menyatakan, sejak diadakan pada bulan Mei 2011 yang lalu, pihak panitia telah menerima 621 orang peserta yang kemudian disaring menjadi 5 finalis, 

- Kategori Seni & Budaya: Rukmini Paata Toheke (Sulawesi Tengah, 40 tahun); program “Revitalisasi peran perempuan dalam struktur adat Ngata Toro”
- Kategori Kewirausahaan Sosial: Valencia Mayke Sosial (Bekasi, 38 tahun); “Blood for Life”
- Kategori Lintas Kategori (kelompok): Credit Union Pancur Solidaritas (Kalimantan Barat); kredit mikro

Dua kategori khusus Special Recognition, yakni:
- Kategori Seni & Budaya: Andi Arfan Sabran (Makassar, 30 tahun); “Rumah Ide Makassar”
- Kategori Lintas Kategori: Nur Kartika Indah Mayasti & Hartawan Hari Mayasto (Yogyakarta);”Nata de Cassava”


Pada seleksi 3 bulan sebelumnya setiap finalis mendapatkan piagam, program bimbingan, dan uang insentif senilai 25 juta – 50 juta rupiah. Dana tersebut diberikan untuk pengembangan dan implementasi selama tiga bulan. Setelah tiga bulan, ide-ide tersebut kemudian dievaluasi untuk memperebutkan dua kategori puncak; “Best of the Best IBA 2011″ dan “The Most Inspiring Social and Culture Activist”.

IBA sendiri merupakan program CSR dari XL untuk warga negara Indonesia yang dianggap telah memberikan kontribusi secara nyata bagi masyarakat melalui karya-karyanya. Setiap tahunnya kategori IBA berbeda-berbeda. “Kategori Indonesia Berprestasi Award setiap tahunnya mengalami perubahan, mengikuti dinamika yang terjadi. Untuk tahun ini kami (XL) menyediakan lima kategori dan dua yang terbaik” jelas Dian Siswarini, CTO, Content & New Business XL yang juga merupakan salahsatu tim juri IBA 2011.

APA SIH NATA DE CASSAVA?

Nata de Cassava merupakan terobosan inovasi baru produk makanan berserat yang sangat layak masuk dalam persaingan industri makanan di Indonesia. Produk nata yang mendominasi pasar nata selama ini yaitu nata de coco mempunyai permasalahan dalam keterbatasan bahan bakunya berupa air kelapa. Hal ini menyebabkan permintaan pasar yang tinggi akan nata tidak dapat terpenuhi. Ini merupakan suatu peluang  yang terbuka lebar bagi perusahaan pengembang produk nata de cassava untuk memenuhi permintaan pasar nata bahkan untuk menggantikan posisi nata de coco dalam pasar nata di Indonesia.

Dengan bahan baku yang berasal dari limbah tapioka, nata de cassava akan muncul menjadi produk yang kokoh karena bahan bakunya berasal dari cassava, yang mana Indonesia merupakan penghasil cassava terbesar ketiga di dunia (13.300.000 ton/tahun). Sehingga untuk ketersediaan bahan baku, nata de cassava tidak akan menjadi masalah.

Proses yang lebih ekonomis karena tidak dibutuhkan adanya penambahan gula menjadikan Nata de Cassava merupakan ancaman berat bagi nata yang lain. Selama ini pembuatan nata de coco masih membutuhkan penambahan gula, sehingga untuk skala produksi nata de cassava lebih ekonomis dan efisien. Selain itu nata yang dihasilkan lebih kenyal, tebal dan lebih putih. 

Pasar yang jelas untuk nata de cassava yaitu perusahan CV. Agrindo Suprafood yang siap menerima nata de cassava sebesar 80 ton per minggu membuat bisnis ini dapat mudah direalisasikan dan memiliki prospek yang jelas dimasa depan.

Keunggulan yang ditampilkan pada bisnis ini adalah inovasi limbah tapioka baik padat maupun cair yang dimanfaatkan menjadi produk unggulan makanan berserat nata de cassava. Dengan adanya nata de cassava dapat memberi solusi bisnis dengan meningkatkan nilai ekonomis limbah tapioka sebagai variasi produk nata.

Bahan baku yang melimpah ruah dan murah merupakan kekuatan utama nata de cassava sehingga memudahkan dalam kepastian ketersediaan bahan baku. Kemantapan produk ini didukung lagi dengan proses dan bahan yang sederhana yang membuat bisnis ini menjadi layak dan dipastikan mendatangkan profit. (rileksmedia/heri)
rileksmedia - 5 tahun yang lalu

Artikel Terkait

Add New Comment

Artikel Terbaru

Keren! Tangga Lagu Billboard Jadi Milik Anggun Seorang!
Juara World Music Awards, juri Asias Got Talent, United…
Sebagai Pusat Dakwah, DMI Periode Baru Resmi Dilantik
Setelah Pensiun dari Polri Haji Budi Gunawan akan aktif…
Dukung 1000 Hari Pertama Sikecil Lewat Kampanye Bunda PAS
Seribu Hari Pertama Kehidupan (HPK) buah hati adalah masa…
Sokong Kemajuan Ekonomi, ISTMI Gandeng PT PGN Gelar Diskusi Interaktif
Ikatan Sarjana Teknik Industri dan Manajemen Industri Indonesia (ISTMI)…

Campaign

Nice Shot

HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara! HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara!

Rilekstube!


Partner :