rileksmedia.com
Sign Up/Login with :
Telekomunikasi

Dukung Karya Indonesia, XL Luncurkan Layanan VAS Yang Aman!



Guna mendukung program Dukung Karya Indonesia, XL meluncurkan kembali layanan VAS (Value Add Service)-nya yaitu RBT Plus, Celebrity SMS, XL Cuaps dan XL VuClip. Hal ini sekaligus juga dilakukan XL untuk kembali membangkitkan kepercayaan public terhadap layanan VAS atas kasus "SMS Premium - sedot pulsa" yang membuat sebagian besar Content Provider mengalami kebangkrutan.  

RBT Plus adalah layanan untuk mengunduh nada dering di ponsel, Celebrity SMS merupakan konten yang berisi informasi dari selebritis, XL Cuaps yaitu layanan blog suara yang menyurahkan isi hati dan terakhir adalah video service yang disebut dengan VuClip.

Namun, untuk memberikan kenyaman penggunanya dalam menikmati layanan ini XL sudah melakukan beberapa hal seperti melakukan sejumlah inisiatif peningkatan sistem keamanan bagi pelanggan untuk memastikan semua proses registrasi dan aktivasi benar-benar diketahui secara sadar oleh pelanggan yang bersangkutan.

Direktur Teknologi, Content & New Services XL, Dian Siswarini mengatakan, “Sejak jauh sebelumnya kami telah menyadari untuk memberikan keamanan dan kenyaman pelanggan layanan VAS. Kini kami berharap jaminan atas keamanan dan kenyaman pelanggan ini akan bisa menjadi awal untuk menumbuhkan kembali kepercayaan masyarakat atas layanan VAS. Bagaimanapun juga industri VAS dan kreatif ini perlu dibangkitkan kembali secara sehat.”

Dian menegaskan, operator ini juga sudah lama menerapkan SMS Gateway yang bisa mencegah pengiriman konten melalui SMS oleh CP tanpa sepengetahuan XL. Selain itu, mereka juga menyediakan beberapa mekanisme yang mempermudah pelanggan untuk mengetahui layanan konten di nomornya, yaitu melalui *123*572#.

Disamping itu, promo layanan VAS ini juga sudah transparan, karena sudah melakukan penerapan pengiriman notifikasi secara berkala kepada pelanggan untuk mengingatkan dan memastikan status berlangganan layanan VAS yang aktif.

Dari sisi promo, operator ini memastikan menerapkan promo yang transparan sehingga publik dan pelanggan memahami ketentuan berlangganan suatu VAS. Panduan cara berpromosi yang transparan ini juga diterapkan oleh setiap penyedia konten (CP/content provider) yang menjadi partnernya, dan juga telah memastikan semua CP yang menyediakan layanan konten dan menjadi partner telah terdaftar di BRTI dan mengikuti regulasi yang berlaku.

Dian menambahkan, "XL akan mulai kembali berusaha menumbuhkan kepercayaan pelanggan pada layanan VAS. Sejumlah inisiatif telah disiapkan, antara lain menyelenggarakan program edukasi yang komprehensif kepada pelanggan melalui berbagai saluran. Untuk hal ini, XL akan selalu berpegang pada aturan yang berlaku".

Layanan VAS Turun 80% 

Angka tersebut dikatakan Tommy Wattimena, VP Branding XL, Kamis 24 November kemarin. Sayangnya, Tommy tidak merinci nominal rupiah akibat kasus yang heboh pada sebulan lalu itu.

“Angkanya (nilai rupiah) belum dikalkulasi. Yang jelas layanan VAS (value added service) menyumbang sekitar 7% pendapatan XL secara keseluruhan. Namun setelah kasus tersebut telah turun ke 2%” papar Tomi.

Kasus “SMS premium” memang telah memukul industri seluler di Indonesia. Tak hanya XL, operator lain pun terkena dampak yang sama. Kendati demikian Direktur Teknologi, Content & New Service XL, Dian Siswarini, menyatakan rasa optimisnya bahwa industri VAS akan kembali bangkit.

“Bisa, asalkan semua pihak ikut serta menunjangnya. Termasuk penyedia konten, regulator, dan juga media dalam mengedukasi masyarakat” jawab Dian pada acara media update tersebut.

Pihak XL sendiri menurut Dian telah melakukan beberapa inisiatif, termasuk menerapkan SMS Gateway yang mencegah pengiriman konten melalui SMS oleh CP tanpa sepengetahuan XL. Kemudian akses khusus untuk layanan konten melalui nomor *123*572#, serta promo iklan yang transparan. Disinggung mengenai pengembalian pulsa pelanggan akibat kasus kemarin lalu, Tommy menegaskan jika pihak XL terus melakukannya.

“Secara umum proses pengembalian pulsa melalui tiga tahap. Yang pertama harus ada keluhan dari pelanggan. Lalu akan kami periksa di sistem kami, dan kemudian baru diberikan penggantian”.(rileksmedia/*)
rileksmedia - 6 tahun yang lalu

Artikel Terkait

Add New Comment

Artikel Terbaru

Keren! Tangga Lagu Billboard Jadi Milik Anggun Seorang!
Juara World Music Awards, juri Asias Got Talent, United…
Sebagai Pusat Dakwah, DMI Periode Baru Resmi Dilantik
Setelah Pensiun dari Polri Haji Budi Gunawan akan aktif…
Dukung 1000 Hari Pertama Sikecil Lewat Kampanye Bunda PAS
Seribu Hari Pertama Kehidupan (HPK) buah hati adalah masa…
Sokong Kemajuan Ekonomi, ISTMI Gandeng PT PGN Gelar Diskusi Interaktif
Ikatan Sarjana Teknik Industri dan Manajemen Industri Indonesia (ISTMI)…

Campaign

Nice Shot

HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara! HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara!

Rilekstube!


Partner :