rileksmedia.com
Sign Up/Login with :
Unik

Design Sederhana Adrian Mankovecky Menangkan Kejuaraan Dunia Design Produk!



Adrian Mankovecký, mahasiswa dari Akademi Seni dan Desain di Bratislava, Slovakia, keluar sebagai pemenang dalam kompetisi final Electrolux Design Lab 2011 pada konferensi Room Home Intelligence, Business Design Center di London.  Konsep desain Adrian Mankovecký, Alat Pembersih Portabel, berhasil unggul dari 1.300 kontestan lain yang berasal lebih dari 50 negara.

Dewan juri untuk penghargaan arsitek dan desainer telah memilih pemenang dari delapan finalis global di Room Home Intelligence, Business Design Centre, London, 7 September 2011 lalu. Mahasiswa desain Adrian Mankovecký dari Slovakia berhasil memenangkan kompetisi Electrolux Design Lab 2011, dengan Pembersih Noda Portabel-nya. Konsep desainnya berupa alat pembersih kecil yang dapat menyegarkan pakaian dan menghilangkan noda pakaian dengan bantuan ion negatif dan steam. Alat ini menggunakan tenaga dari baterai gula kristal.    

Para dewan juri terkesan dengan pemikiran kreatif dan intuitif. Alat Pembersih Portabel terpilih sebagai pemenang berdasarkan alasan ini: ”Alat pembersih portabel dibangun berdasarkan consumer insight yang kuat dan karya ini sangat menjawab kebutuhan mereka akan pencuci instan yang memberikan dampak positif terhadap lingkungan dengan mengurangi konsumsi energi. Penggunaan dan interaksinya sangat intuitif. Bahkan, masing-masing dari kami ingin memiliki alat ini”. Henrik Otto, Senior Vice President dari Electrolux Global Design menambahkan bahwa ia secara pribadi menyukai bagaimana Alat Pembersih Portabel tersebut menyerupai Ergorapido, sebagai sebuah cara baru untuk menangkal masalah perawatan pakaian secara praktis, termasuk juga perawatan untuk bahan pakaian yang sensitif.

”Kami sangat bersemangat menyambut Adrian Mankovecký yang akan segera memulai program magangnya di Electrolux Design Centre, Stockholm”, jelas Henrik. ”Namun, kami tak memungkiri bahwa karya peserta lainnya juga sangat mengesankan dan inspirasional”, tambahnya.

”Ini luar biasa,” kata salah seorang pemenang yang mengirimkan salam kepada ibunya dengan penuh kebahagiaan melalui siaran langsung.

Hadiah kedua diraih konsep ”Ribbon” yang diusung Enzo Kocak dari Monash University di Melbourne, Australia. ”Ribbon menunjukkan kesederhanaan yang luar biasa dari bentuk dan aplikasi. Penggunaannya pun sangat intuitif. Konsep ini sangat familiar dan mudah dikenali. Namun, meski demikian, karyanya tetap unik dan sangat inovatif”, demikian alasan para juri atas pemilihan konsep ini sebagai pemenang kedua. Hadiah ketiga diraih Roseanne de Briun dari Massey University, New Zealand, dengan konsep ”Smoobo”. Alasan yang mendasari keputusan untuk memilih konsep ini sebagai salah satu pemenang adalah karena, ”Blender Smoobo” memiliki konsep yang menyegarkan. Dengan aspek sosial yang dimilikinya, alat ini memberikan potensi pengembangan yang luar biasa bagi peralatan rumah tangga yang ada saat ini.” Di samping ketiga pemenang, ada pula Penghargaan Pilihan Konsumen (People’s Choice Award) yang jatuh pada konsep Microwave Portable yang dirancang oleh Matthew Schwartz setelah melalui penghitungan lebih dari 17.000 suara.    

Intelligent Mobility

Tema kompetisi Design Lab yang telah berlangsung ke-sembilan kalinya adalah ‘Intelligent Mobility’. Para mahasiswa diajak untuk menampilkan ide-ide inovatif terkait dengan peralatan rumah tangga tentang bagaimana konsumen mempersiapkan makanan, membersihkan piring, baik di dalam maupun di luar rumah. Tantangan ini tak sekedar bertujuan untuk menciptakan peralatan yang bersifat portabel, namun juga harus dapat memberi kontrol terhadap fleksibilitas waktu masyarakat. Para partisipan diminta untuk menampilkan ide-ide yang personal yang mampu menginspirasi penggunanya, serta menggunakan teknologi sebagai sarana pendukungnya. Di samping itu, para peserta juga harus merefleksikan konsepnya sesuai dengan nilai-nilai dari desain Skandinavia - desain yang peka terhadap lingkungan, memberikan kemudahan secara intuitif dengan desain yang indah.

Langkah awal menuju karir sebagai desainer

Salah satu tujuan dari kompetisi ini adalah menghadirkan arena inovatif untuk memperkenalkan bakat dan produk baru ke pasar. Para juri mengevaluasi konsep yang masuk berdasarkan inovasi, desain intuitif, dan consumer insight. Kemampuan para mahasiswa untuk mempresentasikan desain mereka dengan baik juga merupakan salah satu kriteria penting untuk lolos sebagai delapan finalis teratas dalam acara global final; dimana mereka mempresentasikan karya mereka di hadapan juri yang terdiri atas sederet desainer papan atas. Para juri tahun ini adalah desainer asal Denmark, Cecilie Manz, arsitek peraih berbagai penghargaan, Hayes dan James Slade, serta Henrik Otto, Senior Vice President dari Electrolux Global Design. 

Pemenang pertama akan memperoleh hadiah uang tunai 5.000 Euro, dan enam bulan magang di Pusat Desain Global Electrolux Grup di Swedia, untuk peringkat ke dua dan tiga akan mendapatkan hadiah uang tunai masing-masing 3.000 dan 2.000 Euro. Karya para finalis akan ditampilkan dalam sejumlah acara desain di berbagai belahan dunia, sehingga para partisipan akan mendapat banyak sorotan. Berpartisipasi dalam Electrolux Design Lab secara langsung memberikan kesempatan untuk para kontestan dalam meraih pekerjaan dan usaha di bidang desain. Bahkan saat ini, beberapa finalis telah bekerja di salah satu Pusat Desain Global Electrolux dan pemenang tahun lalu sedang menjalani masa magang enam bulan-nya.(rileksmedia/*)  
rileksmedia - 6 tahun yang lalu

Artikel Terkait

Add New Comment

Artikel Terbaru

Keren! Tangga Lagu Billboard Jadi Milik Anggun Seorang!
Juara World Music Awards, juri Asias Got Talent, United…
Sebagai Pusat Dakwah, DMI Periode Baru Resmi Dilantik
Setelah Pensiun dari Polri Haji Budi Gunawan akan aktif…
Dukung 1000 Hari Pertama Sikecil Lewat Kampanye Bunda PAS
Seribu Hari Pertama Kehidupan (HPK) buah hati adalah masa…
Sokong Kemajuan Ekonomi, ISTMI Gandeng PT PGN Gelar Diskusi Interaktif
Ikatan Sarjana Teknik Industri dan Manajemen Industri Indonesia (ISTMI)…

Campaign

Nice Shot

HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara! HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara!

Rilekstube!


Partner :