rileksmedia.com
Sign Up/Login with :
Arsitektur

Bathing Beauties di Kali Molenvliet!



Sampai awal 1960-an, jalan yang kini bernama Hayam Wuruk dan Gajah Mada di kawasan Jakarta Kota lebih dikenal dengan nama Molenvliet. Kata ini dalam bahasa Belanda yaitu Molen (kincir) dan vliet (aliran), kira-kira artinya aliran dari kincir angin, meniru sistem pengairan di Belanda. Di tengah kedua jalan yang selalu hiruk-pikuk ini terdapat kanal dari aliran Kali Ciliwung, yang dulunya juga lebih dikenal sebagai Kali Molenvliet.
 
Kanal ini membujur dari selatan ke utara hingga Pasar Ikan diapit oleh jalan Hayam Wuruk dan Gajah Mada, mulai dari Harmoni hingga Kalibesar. Sejak zaman Belanda sampai awal 1950-an, sungai ini masih jernih sehingga menjadi tempat cuci pakaian, mandi dan buang air besar. Bahkan, di antara yang mandi ada yang tak memakai sehelai benang pun lho, sehingga akhirnya jadi tontonan bathing beauties! Wah, engga malu apa ya?
 
Nah, Kali Molenvliet merupakan sebuah proyek kanal dengan 'membelokkan' Kali Ciliwung yang dialirkan ke sana. Arsitek dari proyek besar pada tahun 1648  itu, adalah Phoa Beng Gam, seorang kapitan Cina yang juga dikenal sebagai ahli pengairan. Phoa Beng Gam membuat aliran Kali Ciliwung menjadi lurus dan tertata rapi, hingga menjadikannya salah satu tempat favorit bagi penduduk Batavia saat itu untuk kongkow-kongkow.
 
Di sisi Kali Molenvliet ini juga terdapat bilik mandi yang merupakan bagian dari kediaman Gubernur Jendral VOC Reinier de Klerk di Weltevreden, yang sekarang menjadi gedung Arsip Nasional. Untuk turun ke bilik mandi, ada sebuah bilik kecil dari tembok yang merupakan kamar pakaian, tempat orang menanggalkan pakaian sebelum turun melewati tangga batu ke sebuah bak besar yang terletak antara kamar pakaian dan jalan raya. Bak tak beratap itu terlihat dari jalan.
 
Selain itu, sampai tahun 1950-an di Molenvliet sering digelar berbagai atraksi juga, lho! Seperti pesta perahu (peh cun) saat perayaan hari besar Tionghoa di malam hari, diiringi tanjidor dan tarian cokek dimana para siacia dan kongcu saling ngibing, atau berjoget bareng bergembira.(misteryofbatavia/rileksmedia)
rileksmedia - 7 tahun yang lalu

Artikel Terkait

Add New Comment

Artikel Terbaru

Perkuat Kerjasama, TOTAL Dukung BWF Hingga 2021
Perusahaan energi raksasa, Total, mengumumkan perpanjangan kemitraan dengan Badminton…
Keren! Tangga Lagu Billboard Jadi Milik Anggun Seorang!
Juara World Music Awards, juri Asias Got Talent, United…
Sebagai Pusat Dakwah, DMI Periode Baru Resmi Dilantik
Setelah Pensiun dari Polri Haji Budi Gunawan akan aktif…
Dukung 1000 Hari Pertama Sikecil Lewat Kampanye Bunda PAS
Seribu Hari Pertama Kehidupan (HPK) buah hati adalah masa…

Campaign

Nice Shot

HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara! HERO Supermarket mempersembahkan Parade Cooking Demo Selera Nusantara!

Rilekstube!


Partner :