rileksmedia.com
Sign Up/Login with :
People

XL Award 2010: Makin Luas Kebutuhan Masyarakat akan Selular!



Semakin luas dan kompleks kebutuhan masyarakat atas layanan telekomunikasi seluler. Hal tersebut menggarisbawahi ribuan aspirasi masyarakat yang tertuang dalam karya tulis, foto, juga publikasi di microblog dalam ajang XL Award 2010. Digelar sejak Oktober 2010 lalu dan diikuti 7.621 peserta dari seluruh Indonesia, PT XL Axiata Tbk (XL) mengumumkan para pemenang Lomba Karya Tulis, Foto, dan publikasi di Twitter & Facebook ini, Jumat (4/3) di Jakarta. Turut hadir dalam acara ini Plt Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementrian Kominfo, Muhamad Budi Setiawan.

Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi mengatakan, “XL Award telah menginjak tahun penyelenggaraan ke-7. Dari pendapat dan ide para peserta XL Award 2010 ini, kami mendapatkan gambaran nyata di masyarakat atas kebutuhan layanan telekomunikasi seluler yang semakin luas dan beragam. Lebih dari itu, masyarakat menuntut ketersediaan akses informasi untuk bisa lebih maju dan produktif dalam berbagai aktivitas”.

Hasnul Suhaimi menambahkan, lomba ini bertujuan mendapatkan masukan dan ide dari masyarakat juga kalangan media mengenai dunia telekomunikasi nasional. Karya-karya terbaik kemudian akan didokumentasikan dalam buku dan akan bisa menjadi referensi bagi pengambil kebijakan, pelaku industry, juga masyarakat pemerhati bidang teknologi komunikasi dan informasi.

XL Award 2010 menyediakan 20 penghargaan untuk tiap kategori yakni karya tulis umum dan wartawan, karya foto umum dan wartawan, serta publikasi di facebook dan twitter. Digelar sejak Oktober 2010, tercatat sebanyak 7.621 peserta dari seluruh Indonesia mengikuti ajang ini. Sebanyak 852 peserta di antaranya mengikuti lomba karya tulis (105 peserta untuk kategori wartawan dan 747 kategori umum). Sementara itu untuk lomba foto diikuti oleh 573 peserta (150 peserta kategori wartawan dan 423 peserta kategori umum).

Sementara itu untuk kategori publikasi melalui microblog Twitter @xlaward2010 dan Facebook Fan Page XLAward2010, tercatat sebanyak 6.196 peserta mengikuti ajang ini (1070 peserta twitter dan 5126 peserta Facebook). Kategori ini dibuka untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan pola penyampaian ide, ekspresi, juga hasil pemikiran masyarakat yang semakin intens melalui media digital khususnya microblog.

Juri karya tulis tahun ini adalah Mas Wigrantoro Roes Setyadi (pemerhati masalah telekomunikasi), Budi Rahardjo (pakar telekomunikasi ITB), dan Febriati Nadira (Head of Corporate Communication XL). Juri foto terdiri dari Oscar Motuloh (Kantor Berita Antara), Enny Nuraheny (Redaktur foto Reuters), dan Benny Herlambang (XL Fotografi). Juri lomba publikasi microblog adalah Wicaksono (@ndorokakung), Antyo Rentjoko (@pamantyo), dan Febriati Nadira (@FNadira).

Salah satu juri karya tulis, Budi Rahardjo mengatakan, “XL Award kali ini menunjukkan kualitas penulisan yang meningkat dengan menunjukkan banyak sudut pandang, ide dan solusi yang beragam. Terlebih hampir semua pemenang tahun ini berasal dari kalangan mahasiswa. Saya kira ini kemenangan anak-anak muda yang akan memainkan peranan penting dalam industri telekomunikasi mada depan,” lanjutnya.

Untuk kualitas foto peserta, juri Oscar Motulloh berkomentar, “Banyak sekali foto-foto yang menukik pada persoalan sehari-hari, dengan tema yang sangat menarik dan beragam. Adapula foto yang sangat sederhana, tetapi justru sangat menjelaskan keberadaan telekomunikasi di tengah masyarakat,” ujarnya.

Sedangkan juri mikroblog Wicaksono (@ndorokakung) dan Antyo Rentjoko (@pamantyo) sepakat bahwa melalui media mikroblog, Facebook dan Twitter, peserta dituntut lebih cerdik dalam menyampaikan pendapat dalam karakter yang terbatas. “Banyak peserta yang menunjukkan fenomena manfaat telekomunikasi pada kehidupan sehari-hari kita, tapi yang paling penting pesan itu tersampaikan tanpa harus bertele-tele di dalam microblog.” Kata Wicaksono (@ndorokakung).(rileksmedia/tyo)
rileksmedia - 8 tahun yang lalu

Artikel Terkait

Add New Comment

Artikel Terbaru

Bersiap! Bintaro Jaya Xchange 2 Segera Berdiri!
PT Jaya Real Property Tbk (JRP) menggelar seremoni ground…
Dog Walk 2019, Bukti Keakraban Hewan dan Manusia
Sebagai salah satu pionir nutrisi kesehatan untuk anjing dan…
Gelar Lomba Tulisan, Kemendesa Jaring Semua Lapisan Masyarakat Untuk Ikutan!
Pembangunan ekonomi kawasan perdesaan bermanfaat untuk kesejahteraan desa, juga…
Morinaga Alergy Week 2019, Kesuksesan Ibu untuk Bekali Prestasi Si Kecil
Morinaga sebagai salah satu brand unggulan PT Kalbe Nutritionals…

Campaign

Nice Shot

Cinta Komunitas SecondLine Squad Untuk Persija Jakarta Cinta Komunitas SecondLine Squad Untuk Persija Jakarta

Rilekstube!


Partner :