rileksmedia.com
Sign Up/Login with :
Seni Budaya

Jelang Sea Games XXVI, Pemerintah Sumsel Roadshow Pagelaran Seni dan Budaya



KONI Pusat memutuskan perhelatan SEA Games 2011 di Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) hanya akan dipusatkan sekaligus tuan rumah Kota Palembang, namun mungkin banyak masyarakat Indonesia yang tidak percaya kepada Sumatera Selatan mensukseskan acara SEA Games XXVI, hal itu sangat wajar karena mereka melihat Sumatera Selatan tidak memiliki apa-apa, mereka beranggapan infra strukturnya kurang, SDM-nya perlu ditingkatkan, pengalamannya kurang, serta dananya kurang, untuk itu tidak ada kepercayaaan. Namun rasa ketidakpercayaan itu berhasil ditepis oleh pemerintah daerah Palembang.
Penyerahan Bunga
Bertempat di Hotel JW Marriot Surabaya Jawa Timur (27/2/2011), Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Alex Noerdin  bersama Timnya mengelar acara pagelaran seni budaya Sumatera Selatan dan Sosialisasi SEA Games XXVI Sumatera Selatan.  Acara sosialisasi ini juga dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Bpk. H Alex Noerdin, beserta istri Ny. Eliza Alex Noerdin; Gubernur Jawa Timur, Bpk. H. Sukarwo beserta istri; Ketua Umum KONI Sumatera Selatan, H. Mudda’i Madang beserta istri. Acara silahturahmi ini buat dengan konsep pagelaran seni budaya Sumatera Selatan diantaranya Tarian Sriwijaya Agung, Tarian Pemuda Darussalam, Tari Topeng Sari Jumputan, Tari Rampak Rapai, Tari Kipas Melayu. Dan tak lupa fashion show persembahan Samuel Wattimena dan Chossy Latu tentang keindahan kain Songket Palembang.

" Sangat luar biasa, bahwa Sumatera Selatan di percayakan menjadi tuan rumah utama, dan ini kesempatan emas bagi kami, sebab SEA Games bukan tujuan akhir, namun menjadi sasaran untuk menaikan daya saing dan daya tawar untuk menarik investasi dari luar agar dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat. Jika pemerintah Indonesia mempercayakan tuan rumah SEA Games kepada Sumsel dan membela Negara artinya Pemerintah Indonesia percaya bahwa Sumatera Selatan memiliki keamanan yang kondusif, infra strukturnya bagus, dan komitmen masyarakat serta pemerintah daerahnya sangat kuat, dan semua itu menjadi persyaratan bagi investor untuk menginvestasikan pada suatu daerah," papar Bpk. H Alex Noerdin selaku Gubernur Sumatera Selatan disela-sela sambutannya.

Bpk. H. Sukarwo dan Bpk. H Alex Noerdin
Perubahan fasilitas pembangunan apa saja yang berhasil dilakukan oleh Sumsel menjelang SEA Games XXVI?

" Kurang dari lima bulan setelah SK Presiden turun, kami mampu menyulap Jakabaring yaitu kawasan rawa-rawa seluas 700 hektar itu akan berubah menjadi lokasi venue atlet dan Sport City berbagai venue yang digunakan selama pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara, yakni SEA Games XXV. Bayangkan banyak kendala yang kami hadapi dalam pembangunan ini. Kawasan rawa-rawa itu telah ditimbun sekitar dua juta kubik tanah. Ketinggiannya sekitar 30-70 centimeter dari permukaan jalan utama di kawasan yang masuk dalam Kecamatan Seberang Ulu Palembang. Ketinggian tribun venue atlet sekitar 30 centimeter, sedangkan ketinggian trek lintasan sekitar 40 cm atau setara dengan ketinggian lapangan sepakbola Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring. Sport City ini dikerjakan menggunakan 125 truk colt diesel serta 40 truk fuso, serta seribuan pekerja. Harapan kami dengan moment SEA Games ini selain menaikan daya tawar Sumsel kepada investor luar, juga memberi motivasi dan percaya masyarakat Sumsel bahwa kita mampu dan tidak kalah dengan daerah lain yang lebih maju dan hebat, asalkan kita mau dan punya motivasi kuat untuk maju," jelas Alex.

Selama ini Palembang sebenarnya memiliki obyek wisata yang beragam. Potensi yang dimiliki antara lain wisata sejarah budaya, wisata kuliner, wisata pemandangan, wisata agro, wisata belanja, dan taman kota.
Atas dasar itu jugalah mengapa diadakannya malam pagelaran seni budaya Sumatera Selatan dan Sosialisasi SEA Games XXVI Sumatera Selatan di Surabaya pekan lalu. Secara mendetail dijelaskan oleh istri Gubernur Sumatera Selatan Ibu Eliza Alex Noerdin.

Salah satu tarian khas Palembang"Banyak masyarakat Indonesia yang belum tahu kapan dilaksanakannya SEA Games XXVI ini, bagaimana dan seperti apa bentuk dari rangkaian SEA Games tersebut. Untuk itu kami, melakukan roadshow di kota-kota besar, dengan harapan minimal masyarakat Sumatera Selatan yang berada di kota-kota besar tersebut ikut mengetahui rangkaian kegiatan apa saja yang dilakukan di tanah kelahiran mereka untuk mempersiapkan SEA Games ini. Dalam roadshow sosialisasi SEA Games ini tidak hanya memperkenalkan atau memberitahukan tentang sejauh mana SEA Games ini sudah dipersiapkan, namun juga memperkenalkan keseluruhan Sumatera Selatan pada umumnya mulai dari olahraga yang akan diselenggatakan dan kebudayaannya, keseniannya diantaranya tari-tariannya, pakaiannya dan lain-lainnya, dimana Sumatera Selatan terdiri dari 15 Kabupaten kota yang memiliki warna berbeda-beda, dalam arti warna budayanya. Kami mengharapkan seluruh bangsa Indonesia mengetahui tentang detail Sumatera Selatan. Kami optimis bahwa SEA Games ini dapat sukses. Kami mengharapkan bahwa Indonesia akan memenangkan seluruh komponen olahraga yang dilombakan. Untuk itu harus ada dukungan masyarakat Indonesia dari segala komponen menguatkan seluruh peserta Indonesia di SEA Games," tutup Eliza. (pit)
rileksmedia - 8 tahun yang lalu

Artikel Terkait

  • Tidak Ada Artikel Terkait.

Add New Comment

# Susan Indira
March 04, 2011 @05:18 pm
Wow meski baru menarik juga rileksmedia artikelnya :), semoga makin maju! Gw dukung teruss!

Artikel Terbaru

Bersiap! Bintaro Jaya Xchange 2 Segera Berdiri!
PT Jaya Real Property Tbk (JRP) menggelar seremoni ground…
Dog Walk 2019, Bukti Keakraban Hewan dan Manusia
Sebagai salah satu pionir nutrisi kesehatan untuk anjing dan…
Gelar Lomba Tulisan, Kemendesa Jaring Semua Lapisan Masyarakat Untuk Ikutan!
Pembangunan ekonomi kawasan perdesaan bermanfaat untuk kesejahteraan desa, juga…
Morinaga Alergy Week 2019, Kesuksesan Ibu untuk Bekali Prestasi Si Kecil
Morinaga sebagai salah satu brand unggulan PT Kalbe Nutritionals…

Campaign

Nice Shot

Cinta Komunitas SecondLine Squad Untuk Persija Jakarta Cinta Komunitas SecondLine Squad Untuk Persija Jakarta

Rilekstube!


Partner :